Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Nanti Malam, Tarif Tol Surabaya-Gempol Naik
Kamis, 07-12-2017 | 17:13
Oleh : Atiqoh Hasan dan Aris Rahmatullah
Berita Video : Nanti Malam, Tarif Tol Surabaya-Gempol Naik
Surabaya pojokpitu.com, Mulai pukul 00.00 dini hari nanti 9 tarif tol dalam kota di Indonesia akan mengalami kenaikan. Salah satunya di Tol Surabaya-Gempol yang mengalami kenaikan tarif khusus golongan 3, 4, dan 5.

Kenaikan tarif di 9 ruas tol ini berdasarkan hasil evaluasi standar pelayanan minimum (SPM) yang terdiri dari 8 substansi dengan 37 indikator. Jika dinyatakan lolos dari audit, maka tol bisa melakukan penyesuaian tarif. 

Kesembilan ruas tol yang dinyatakan lolos audit terakhir kali mengalami kenaikan tarif dua tahun lalu, atau 1 November 2015. Pemberlakuan penyesuaian tarif tol sesuai dengan ketentuan Undang-Undang nomor 38 tahun 2004, tentang jalan yang memperbolehkan adanya usulan penyesuaian tarif setiap 2 tahun sekali, sesuai Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) yang telah ditandatangani.

Pada penyesuaian tarif tol kali ini, besaran tarif didasarkan pada laju inflasi, yakni berkisar di angka 6,7 sampai 10 persen. Di ruas Tol Surabaya Gempol sendiri penyesuaian tarif mengalami kenaikan sebesar Rp 500 hingga Rp 1000, dan hanya dialami oleh golongan III hingga V atau kendaraan besar saja.

Agus Tri Antyo, Humas Jasa Marga Surabaya Gempol menyebutkan, "Kenaikan tarif tol yang dialami oleh golongan besar sejatinya tidak memberikan banyak keuntungan bagi jasa marga.  Jika dilihat dari volume kendaraan per hari sebanyak 270 ribu kendaraan, golongan 3, 4, dan 5 hanya berkisar di angka 5 persen. sedangkan golongan 1 sebanyak 76 persen, dan golongan 2 sebesar 19 persen."

Meski begitu, Agus meyakini, penyesuaian tarif tol telah diimbangi dengan peningkatan pelayanan, seperti penambahan jalur dan perluasan gerbang tol.(end)

Berita Terkait


Nanti Malam, Tarif Tol Surabaya-Gempol Naik

Ini Kata Masyarakat Madura Soal Penurunan Tarif Tol Suramadu

Jasa Marga Turunkan Tarif Tol Suramadu 50 Persen

Kenaikan Tarif Tol Surabaya-Gempol Dikeluhkan Pengguna Jalan


Kenaikan Tarif Tol Surabaya-Gempol Dikeluhkan Pengguna Jalan

YLKI : Kenaikan Tarif Tol Tidak Tepat Moment

Jelang Lebaran Tarif Tol Turun Namun Pengendara Banyak Tidak Tahu
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber