Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Pemkot Ajak Masyarakat Luruskan Sejarah WR Soepratman
Rabu, 06-12-2017 | 19:27 wib
Oleh : Budi Prakoso
Surabaya pojokpitu.com, Guna meluruskan sejarah kelahiran WR Soepratman sebagai pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, Pemerintah Kota Surabaya melalui Badan Arsip dan Perpustakaan, mengajak semua masyarakat Kota Surabaya dan Jawa Timur untuk ikut andil dalam fakta kelahiran WR Soepratman.

Acara yang dikemas dalam seminar Mengenal Sosok Pahlawan Wage Rudolf Soepratman, menghadirkan pakar sejarah dan kerabat serta sejarahwan dari Purworejo. Menurut Sukoso DM, sejarawan Purworejo, Wage Supratman itulah nama yang pertama kali diberikan saat sang komponis Indonesia Raya,   dilahirkan dari pasangan Joemeno Kartodikromo, seorang tentara KNIL Belanda, dan ibunya bernama Siti Senen.

Nama Wage di depan nama Supratman, menandakan dia dilahirkan pada hari pasaran Wage berdasarkan penanggalan Jawa. WR Supratman lahir tanggal 19 Maret 1903, lahir di Dusun Trembelang, Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. 

Kerabat WR Supratman yang masih tinggal di Dusun Trembelang, Suyono (47) mengatakan, "Sebelum Wage Supratman lahir, tahun 1903, setelah kurang lebih berumur 2 bulan, Wage dibawa ke Jatinegara Jakarta di tempat ayahnya bekerja. Sehingga banyak orang mengira dan sejarah juga mencatat Wage lahir di Jatinegara, meskipun faktanya ia lahir di Somongari Purworejo."

Monument kelahiran WR Soepratman sejatinya telah dirancang sejak tahun 1985. Tetapi lantaran tempat kelahiran itu masih menjadi polemik, di Jatinegara, Jakarta ataukah Somangari, Purworejo, sehingga rancangan ditunda dulu, setelah Pengadilan Negeri Purworejo menetapkan lewat keputusan no. 04/PDT.P/ 2087/PN PWR, tanggal 29 Maret 2007 bahwa WR Soepratman lahir di Desa Somangari, baru monument mulai dibangun oleh Pemda Purworejo sejak September 2007.(end)



Berita Terkait


Pemkot Ajak Masyarakat Luruskan Sejarah WR Soepratman


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber