Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Akibat Cuaca Buruk, Nelayan Merugi dan Harga Ikan Laut Naik Drastis
Rabu, 06-12-2017 | 16:07
Oleh : Usrox Indra
Sidoarjo pojokpitu.com, Dampak dari cuaca buruk serta angin kencang yang terjadi, ratusan nelayan di wilayah Sedati, Sidoarjo, lebih memilih untuk mengisi waktunya dengan beraktifitas untuk memperbaiki dan merawat perahu, daripada melaut. Para nelayan mengaku akibat cuaca buruk dan gelombang tinggi hingga saat ini, hasil tangkapannya berkurang drastis dari sebelumnya.

Melihat prediksi Badan Metrologi dan Geofisika (BMKG)  Juanda yang memprediksikan terjadinya fenomena cuaca buruk untuk satu pekan yang terjadi di berbagai wilayah perairan di Indonesia, khususnya wilayah pantai utara, mulai dari Surabaya hingga Tuban dan Bojonegoro, Jawa Timur.

Akibat pengaruh cuaca buruk yang terjadi pada tiga hari ini membuat para nelayan di wilayah Sedati, Sidoarjo, yang biasanya berlayar mencari ikan di tengah laut, untuk sementara menghentikan aktifitasnya. Para nelayan lebih memilih untuk beraktifitas dengan cara merakit jaring dan membetulkan kapal mereka masing-masing.

Meskipun ada yang nekad untuk tetap melaut, namun aktifitas nelayan tidak seperti biasanya. Hampir selama sepekan hasil tangkapan ikan para nelayan juga menurun, secara tidak langsung penghasilan sehari - hari juga merosot drastis. Selain itu para nelayan mengaku,  nelayan mengaku  cuaca buruk dan angin kencang di laut, sangat menyulitkan mereka untuk memperoleh hasil tangkapan.

Sementara itu, akibat cuaca buruk yang terjadi selama sepekan ini membuat harga ikan-ikan laut naik tajam hingga 50 persen, seperti kakap merah yang biasanya hanya Rp 50 ribu menjadi Rp 75 ribu per kilogram, sedangkan ikan dorang pada hari biasa Rp 40 ribu menjadi Rp 60 ribu per kilogram, hingga ikan tengiri yang saat ini mencapai harga Rp 65 ribu per kilogram.(end)

Berita Terkait


Akibat Cuaca Buruk, Nelayan Merugi dan Harga Ikan Laut Naik Drastis

Nelayan Tak Melaut, Harga Ikan Naik 50 Persen

Stok Ikan Laut Langka, Harga Ikan Makin Mahal

Harga Ikan Air Tawar Turun Hingga Rp 3000 Per Kilogram


Harga Ikan Bandeng Terus Naik

Panen Serempak, Harga Ikan Tawar Cenderung Turun

Cuaca Buruk Harga Ikan Naik

Harga Ikan Anjlok, Petani Tambak Kelimpungan
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber