Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Indonesia Harus Berinovasi Untuk Tekhnologi Energi Terbarukan
Selasa, 05-12-2017 | 09:14
Oleh : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Hingga kini, Indonesia belum maksimal memanfaatkan energi terbarukan. Dibanding Denmark, tekhnologi Indonesia tertinggal jauh dan masih menggunakan energi fosil. Hal ini disampaikan oleh Duta Besar Luar Biasa untuk Denmark, Muhammad Ibnu Said, dalam kuliah umumnya di Institut Tekhnologi 10 Nopember Surabaya (ITS) Senin siang.

Tekhnologi Indonesia untuk mengolah energi terbarukan memang belum maksimal. Namun komitmen Indonesia untuk meninggalkan energi fosil, tentu saja terus diupayakan. Bahkan melalui Paris Agreement, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyatakan energi terbarukan akan digunakan secara bertahap hingga 2025 mendatang.
 
Rencananya, pemanfataan energi terbarukan seperti tekhnologi turbin angin, panas bumi, sinar matahari, biogas, akan diterapkan hingga sebesar 25 persen. Paparan itu disampaikan oleh Duta Besar Luar Biasa Denmark Merangkap Lituania, Muhammad Ibnu Said, dalam kuliah umumnya di Institut Tekhnologi 10 Nopember (ITS) Surabaya, Senin siang.
 
Ibnu Said mengatakan, "Tekhnologi Denmark dalam pemanfataan energi terbarukan sudah maju, dibanding Indonesia. Kerajaan Denmark berencana menggunakan energi terbarukan sebesar 50 persen di tahun 2025. Pada tahun 2030, Denmark akan mencanangkan zero energi fosil atau 100 energi terbarukan."
 
Di Indonesia, penggunaan energi fosil seperti minyak bumi, rata-rata memproduksi 800 hingga 900 ribu barel minyak per hari. Faktanya, Indonesia membutuhkan 1,6 juta barel minyak per hari untuk listrik. Dengan kata lain, Indonesia mengalami defisit minyak mencapai 700 ribu barel perhari.
 
Melalui Paris Agreement, Indonesia diharapkan mampu menciptakan tekhnologi untuk memanfatkan energi terbarukan. Tentu saja, penciptaan tekhnnologi untuk energi terbarukan ini butuh partisipasi antara masyarakat, akademisi maupun pemerintah.(end)
 



Berita Terkait


Indonesia Harus Berinovasi Untuk Tekhnologi Energi Terbarukan

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber