Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Peringati Maulud Nabi, Ratusan Warga Madiun Berebut Uang Receh
Senin, 04-12-2017 | 12:35
Oleh : Tova Pradana
Madiun pojokpitu.com, Warga Desa Kedondong Kabupaten Madiun menggelar tradisi Sebar Udikan, atau rebutan uang koin senilai puluhan juta rupiah. Uang tersebut diperebutkan sebagai wujud syukur dan berkah.

Sebelum acara sebar koin dimulai, warga Dusun  Sidorejo Desa Kedondong Kecamatan Kebonsari Madiun berebut gunungan berisi jajanan pasar dan uang. Meski hanya jajanan, bukan hanya anak-anak saja yang ikut rebutan. Banyak orang dewasa juga ikut berebut jajanan  hingga rela melompat dari atas panggung demi mendapatkan jajanan. 

Sementara itu , saat menebar uang koin para sesepuh dan tokoh masyarakat melantunkan sholawat Nabi Muhammad SAW. Ratusan warga mulai dari anak-anak, dewasa, hingga lansia berdesakan untuk mendapatkan uang koin itu.

Tidak sedikit warga yang terjatuh dan bahkan terinjak-injak saat berdesakan dengan ratusan warga lainnya. Namun mereka tetap saja berebut demi mendapatkan uang koin.kegiatan ini sudah berlangsung turun-menurun. Menurut Amelia, peserta rebutan uang receh, tradisi ini bermakna saling berbagi dan bersedekah. Khususnya bagi warga tidak mampu.

Sementara itu menurut tokoh masyarakat Sudarmoko, tradisi sebar udikan atau rebutan uang koin untuk memperingati hari Maulud Nabi Muhammad SAW. Sementara uang puluhan juta merupakan uang dikumpulkan dari para donatur dan dari keluarga.

Tradisi sebar udikan sudah ada sejak puluhan tahun silam yang merupakan tradisi turun-temurun dari nenek moyang. "Dulu rebutan uang koin hanya dilakukan di kalangan keluarga sendiri dan tetangga," kata Sudarmoko.

Namun belakangan ini orang yang ikut rebutan sudah mencapai ratusan. Bahkan bukan hanya dari warga desa setempat, melainkan juga berasal dari luar desa. "Tradisi ini akan terus silakukan  setiap memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW," kata Sudarmoko. (pul)


Berita Terkait


Peringati Maulud Nabi, Ratusan Warga Madiun Berebut Uang Receh

Peringati Maulid Nabi, Ratusan Warga Berebut Pakaian di Atas Pohon Kresen

Perajin Bunga Hias Dapat Berkah Maulud Nabi Muhammad SAW

Jelang Maulid Nabi Muhammad, Harga Sembako Merangkak Naik


Siswa Bangkalan Antusias Sambut Maulid Nabi

Maulid Nabi, Warga Madiun Gelar Sebar Koin

Tradisi Peringatan Maulid Nabi dengan Berbagi Buah Pisang

Grebek Maulid Nabi di Rangkah, MERIAH . .
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber