Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Icip - Icip 

Siswi SMK Olah Limbah Bonggol Pisang Jadi Martabak Manis Aneka Rasa
Senin, 04-12-2017 | 05:24
Oleh : Heru Kuswanto
Ponorogo pojokpitu.com, Limbah bonggol pisang ternyata bisa diolah menjadi makanan yang enak dan lezat, yakni martabak manis dengan aneka rasa. Ya, inilah salah satu buah karya tiga siswa SMK di Ponorogo, yang mampu mengolah limbah menjadi makanan.

Jika biasanya bonggol pisang hanya dipakai untuk makanan sapi atau kadang hanya dibuang begitu saja. Lain halnya dengan tangan terampil tiga siswi SMK 1 Pemda Ponorogo, Jawa Timur, masing-masing Endang Setiani, Awalunisa dan Meliana Mustakim. Tiga siswi kelas 2 ini mampu mengolah limbah bonggol pisang menjadi martabak manis beraneka rasa. Bahkan, bonggol pisang yang diolah menjadi martabak manis ini juga memiliki banyak vitamin.
 
Proses pembuatannya pun sederhana dan membutuhkan biaya yang sedikit, yakni tidak lebih dari Rp 50 ribu. Pertama, bonggol pisang yang sudah dicabut dari tanah dibuang kulitnya.
 
Setelah bersih, potong kecil kecil bonggol pisang dan kemudian direbus di air mendidih selama 15 menit. Perebusan ini dilakukan untuk menghilangkan getah yang masih menempel di bonggol pisang.
 
Baru setelah direbus, bonggol pisang diblender hingga lembut dan selanjutnya disangrai, hingga air yang ada pada ampas benar - benar kering. Setelah kering, dicampur dengan adonan bahan untuk membuat roti. Mulai dari tepung terigu, telur, garam serta bahan pelengkap lain dan dimasak di atas loyang.
 
Untuk mempercantik dan menambah selera, anda bisa memberikan berbagai toping dengan aneka jenis dan rasa. Mulai dari selai, meisis, chocochip hingga potongan kacang tanah.  
 
Meski sempat gagal empat kali untuk mengolah limbah menjadi makanan, namun buah karya siswa smk ini mampu menjuarai lomba daur ulang tingkat nasional yang digelar Universitas Negeri Surabaya beberapa waktu lalu.
 
"Tak hanya enak dimakan, olahan bonggol pisang ini juga mengandung kalsium, fosfor dan beberapa vitamin, yakni vitamin B dan vitamin C," tutur Rindiana selaku guru pendamping.
 
Siswa juga berharap inovasi ini bisa ditiru dan diimplementasikan untuk masyarakat luas. Selain banyak mengandung gizi, pemanfaatan bonggol pisang juga bisa mengurangi pencemaran lingkungan.(end)
 



Berita Terkait


Siswi SMK Olah Limbah Bonggol Pisang Jadi Martabak Manis Aneka Rasa

Kuliner Bubur Rebung Untuk Nafsu Makan Balita

Sentra Kuliner Tidak Efesien, Komisi B Tolak Tambahan Anggaran Rp 20 Miliar

Nikmatnya Kuliner Becek Menthok Khas Tuban


Kuliner Ekstrem Sate Biawak Tingkatkan Vitalitas Pria

Kuliner Buka Puasa : Dawet Lele

Kuliner Mie Pendalungan, Mantab Untuk Berbuka Puasa

Kuliner Rujak Erok Erok, Makanan Khas Probolinggo
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('1699333','2017-12-12','19:12:31','56102','Siswi SMK Olah Limbah Bonggol Pisang Jadi Martabak Manis Aneka Rasa','54.227.126.69','1','desktop')