Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Peringati Maulid Nabi, Ratusan Warga Berebut Pakaian di Atas Pohon Kresen
Minggu, 03-12-2017 | 15:20
Oleh : Aminuddin Ilham
Mojokerto pojokpitu.com, Memperingati Hari Kelahiran Nabi atau Maulid Nabi Muhammad SAW, warga Desa Mangelo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, menggelar Tradisi Keresan, Minggu siang. Dalam tradisi tersebut, ratusan warga saling berebut buah dan hasil bumi serta pakaian di atas pohon kersen, meskipun mereka harus terjatuh dan terinjak - injak.

Ratusan warga dari berbagai desa di Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, sudah menunggu di bawah pohon kresen. Mereka langsung berebut naik pohon untuk mengambil pakaian, tas dan macam macam barang yang digantung di atas pohon kersen.

Sementara hasil bumi ditumpuk di bawah pohon juga menjadi sasaran perebutan warga. Aksi rebutan ini merupakan tradisi tahunan dalam memperingati Hari Kelahiran Nabi atau Maulid Nabi Muhammad SAW.
 
Meski cukup beresiko, ratusan warga tetap nekat berebut dengan memanjat pohon kresen setinggi kurang lebih 7 meter. Dalam tradisi keresan ini, sejumlah warga yang rela terjatuh dan terinjak injak, namun mereka tetap tak perduli. Pasalnya, tradisi ini dinilai warga membawa berkah bagi warga setempat.
 
"Rebutan hasil bumi dan kerajinan ini merupakan tradisi warga Desa Mangelo, Kecamatan Suko, Kabupaten Mojokerto, yang dilakukan setiap tahun, pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Berbagai macam buah dan pakaian yang direbutkan, merupakan hasil produk kerajinan warga desa setempat. Tradisi ini digelar untuk mencari berkah dan juga ajang silaturrahmi warga," tutur Shonhaji Syafii, selaku panitia.
 
Di samping untuk melestarikan tradisi leluhur, tradisi keresan atau Maulid Nabi, dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur atas rahmat yang telah diterima warga dalam setahun ini, serta bentuk penghormatan dan perwujudan rasa cinta umat islam kepada Nabi Muhammad SAW.(end)
 


Berita Terkait


Peringati Maulid Nabi, Ratusan Warga Berebut Pakaian di Atas Pohon Kresen

Kodim 0811 Tuban Peringati Maulid Nabi Muhamad Saw


Peringati Maulid Nabi Dengan 2015 Tumpeng Layah
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber