Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Ancaman Badai Cempaka, Nelayan Probolinggo Tidak Melaut
Jum'at, 01-12-2017 | 10:24
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Ancaman siklon tropis cempaka atau badai cempaka yang bergerak ke arah timur, membuat nelayan Probolinggo tidak berani melaut.

Sampai sejauh ini, kondisi laut utara Probolinggo masih belum menunjukkan terjadinya gelombang besar. Beberapa kapal nelayan terlihat melakukan aktivitas mencari ikan.
 
Hanya saja, nelayan tidak berani mencari ikan lebih dari 5 mil dari pantai. Hal tersebut ditakutkan terjadinya gelombang besar yang terjadi secara tiba tiba.
 
Apalagi Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika, BMKG , telah memberikan surat peringatan larangan melaut ke sejumlah syahbandar. Ancaman siklon tropis cempaka atau badai cempaka bergerak ke arah timur jawa.
 
Menurut Muhamad fadil, salah satu ABK, di perairan utara Madura terjadi gelombang besar hingga 2 meter lebih. Dengan kondisi cuaca ekstrim ini, membuat ratusan kapal nelayan dan kapal barang antar pulau tertahan di Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo. Untuk mengisi waktu tidak melaut, para ABK memilih memperbaiki kapal dan atau alat tangkap ikan berupa jaring.
 
Sementara itu menurut Kiki Wibowo petugas Syahbandar Pelabuhan Mayangan, untuk saat ini pihak syahbandar sudah mendapatkan surat peringatan dari BMKG pusat terjadinya cuaca ekstrim yang akan melanda perairan laut utara jawa.
  
Diprediksi cuaca ekstrim ini akan terjadi hingga beberapa hari kedepan. "Petugas mengimbau agar nelayan tidak melaut jika cuaca benar benar tidak bersahabat," kata Kiki. (pul)

Berita Terkait


Ancaman Badai Cempaka, Nelayan Probolinggo Tidak Melaut

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber