Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Di Taiyuan, Sewa Sepeda 10 Menit Pertama Gratis
Kamis, 30-11-2017 | 18:40
Oleh : Arif Djunaidi
Taiyuan pojokpitu.com, Jam sudah menunjukkan pukul 07.30 pada arloji saya, artinya waktu setempat sudah menginjak pukul 08.30 - satu jam lebih cepat. Tapi aktifitas di sepanjang jalan Kota Taiyuan, provinsi Shanxi, Tiongkok baru mulai menggeliat. Maklum, di sini udara paginya sangat dingin. Sudah di bawah 0 derajat, tepatnya -5 derajat celcius.

Hawa dingin di kota yang terletak di atas ketinggian 800 meter persegi di bawah permukaan air laut itu termasuk dingin kering. Tak heran, jika masyarakat di sini harus sering-sering gerak untuk membuat tubuhnya tetap hangat.

Bagi orang pendatang seperti saya, harus membutuhkan penghangat ekstra. Jangan berpikir macam-macam, penghangat ekstra di sini hanya seperti kerpus penutup kepala dan penutup telinga. Ditambah baju rangkap tiga dan kaos tangan. Yang pasti juga harus ditambahi dengan jaket tebal dan sepatu boot.

Pantas saja, sebagian besar orang disini banyak yang jalan kaki, atau naik sepeda angin. Nah, khusus untuk sepeda angin ini ada yang beda. Sepeda-sepeda itu disewakan atau istilahnya sepeda milik bersama.

Setiap orang bebas menggunakan sepeda itu sesuka hati. Boleh dibawa pulang, atapun boleh diletakkan begitu saja di tengah jalan. Yang penting bayar. Tapi bayarnya tidak menggunakan uang fisik seperti sewa mobil di Indonesia. Untuk sewa sepeda ini harus memiliki uang virtual di hp smartphone- nya. Atau ada juga yang menggunakan sejenis kartu semacam E-Money yang saldonya bisa diisi ulang.

"Sangat praktis kan, kita bisa menggunakan sepeda ini sesuka hati. Kalau tidak salah, bayar sewanya juga murah. Tergantung perusahaan persewaan sepedanya masing-masing," ujar Andre So, koordinator ITCC yang biasa mengantar mahasiswa Indonesia belajar ke Tiongkok.

Perusahaan sewa sepeda di Taiyuan memang tak hanya satu. Tergantung warna sepedanya. Beda warna, biasanya beda perusahaan. Di Taiyuan, yang paling banyak sepeda dari perusahaan Ofo, dengan warna kuningnya.

Setiap perusahaan memiliki strategi promosi sendiri-sendiri. Ada perusahaan yang menggratiskan pemakaian sepeda untuk 10 menit pertama, tapi untuk 10 menit berikutnya dikenakan tarif 2-3 remibi (yuan) atau setara sekitar Rp 4 - 6 ribu. "Banyak anak-anak muda disini yang mengakalinya. Mereka sewa hanya 10 menit, kemudian cari sepeda lain dengan jeda waktu 10 menit ganti sepeda. Jadinya gratis deh," kata Kho Andre, sapaan akrab Andre So.

Namun, ada juga perusahaan sewa sepeda yang malah berani promosi gila-gilaan dengan hanya mematok tarif Rp 10-15 ribu untuk pemakaian sepeda selama 2 bulan. "Tapi itu untuk waktu promosi saja lho. Ya, hampir sama dengan perusahaan ojek online di Indonesia lah, terutama saat perang tarif promosi," tambah Asen, teman Kho Andre saat bertemu di Hangzhou, provinsi Zhejiang, Tiongkok.

Tak hanya orang lokal, jasa sewa sepeda ini banyak dimanfaatkan mahasiswa Indonesia dan wisatawan untuk melakukan aktifitas, terutama untuk berkeliling kota.

"Bukan hanya sepeda saja lho, rencananya nanti juga ada mobil bersama yang sistem sewanya sama dengan sepeda angin. Di beberapa kota besar seperti Hangzhou kabarnya sudah diterapkan sih, tapi jumlahnya tidak banyak seperti sepeda," pungkas Kho Andre. (end)



Berita Terkait


Di Taiyuan, Sewa Sepeda 10 Menit Pertama Gratis

Bersepeda ke Sekolah Memang Sehat, Namun Waspada di Jalan Raya

Asyiknya, Bersepeda Sambil Tanam Cabai di Kawasan Gumuk

Bersepeda, Anggota Marinir Kampanyakan Budidaya Terumbu Karang


Bersepeda Angin, Kapolres Keliling Patroli Kemacetan

UN Habitat, Risma Bersepeda Bareng Delegasi ke Taman Bungkul

Bersepeda, Pencari Rumput Tewas Dilindas Truk

Meski CFD Dihentikan, Warga Masih Bisa Olahraga dan Bersepeda
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber