Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

PKL Taiyuan Pun Terima Transaksi Uang Virtual
Selasa, 28-11-2017 | 21:26
Oleh : Arif Djunaidi
Taiyuan pojokpitu.com, Jika anda berjalan-jalan di Kota Taiyuan, ibukota provinsi Shanxi, Tiongkok, jangan heran jika melihat para pedagang yang memiliki tempelan barcode di gerobaknya. Bukan hanya pedagang kelas menengah atas, tapi pedagang kelas kaki lima pun menggunakan barcode.

Tapi jangan salah, tempelan barcode itu bukan sekedar hiasan. Barcode yang mirip seperti barcode Blackberry itu adalah alat untuk melayani transaksi pembayaran via smartphone.

Sistem pembayaran dengan menggunakan uang virtual atau pulsa handphone ini sudah lama diterapkan di kota naga - julukan Kota Taiyuan. Sistem ini dikembangkan Alipay, salah satu perusahaan raksasa Tiongkok milik Ali Baba.

"Kalau di sini, hampir semua pedagang memiliki barcode untuk pembayaran virtual dengan smartphone. Lebih praktis dan aman, karena gak ada bentuk fisik uangnya," ujar Andre So, koordinator ITCC yang biasanya mengantar mahasiswa Indonesia belajar ke Tiongkok.

Untuk mendapatkan uang virtual yang mirip pulsa handphone itupun tak sulit. Tinggal download aplikasi penyedia uang virtual seperti We Chat, kemudian mengisi pulsa sesuai dengan kebutuhan. "Bukan hanya untuk belanja lho, uang virtual itu juga bisa digunakan untuk apa saja seperti sewa sepeda ataupun naik angkutan," tambah Kho Andre.

Tak heran, jika warga Kota Taiyuan yang populasinya sekitar 3,2 juta jiwa itu tak pernah lepas dari telpon genggam. Karena, selain untuk menyimpan data, hp smartphone yang mereka miliki juga berfungsi sebagai dompet.

Sistem uang virtual atau Elektronik Payment (E-Pay) yang sudah lama diterapkan di Kota Taiyuan itu pun kini sedang digalakkan di Indonesia. Yang terbaru adalah program E-Toll dengan E-Money-nya yang diterapkan di seluruh pintu tol. Hanya saja, pembayaran elektronik E-Toll itu masih menggunakan fisik kartu, belum memakai aplikasi uang virtual ala Taiyuan.(end)


Berita Terkait


PKL Taiyuan Pun Terima Transaksi Uang Virtual

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber