Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin saat menyampaikan sambutan
Kapolda Ajak AMSI dan Hacker Perangi Hoax agar Jatim Tetap Kondusif
Selasa, 28-11-2017 | 10:38 wib
Oleh : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin terus berikhtiar menjaga situasi keamanan di propinsi ini agar tetap kondusif, terutama menjelang pilkada serentak tahun 2018. Kapolda mengajak pimpinan media online yang tergabung dalam AMSI (Asosiasi Media Siber Indonesia) Jatim membantu polisi dengan memberikan berita-berita yang menyejukkan, menenangkan, dan melawan berita palsu (hoax).

Pertemuan Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin dan pengurus AMSI Jatim digelar di Gedung Tri Brata Polda Jatim, Selasa pagi. Pertemuan bertajuk Silaturrahmi Kapolda Jatim dengan Praktisi IT, Komunitas Hacker dan Asosiasi Medis Siber Indonesia Jatim Dalam Rangkah Harkamtibmas Guna Mendukung Pilkada Tahun 2018, ini juga dihadiri Wakapolda Birgjen Pol Awan Samudra dan para pejabat utama Polda Jatim. Sedangkan dari AMSI Jatim terlihat Ketua Arief Rahman dan sejumlah anggota dari berbagai daerah di Jatim, serta anggota Bidang Hukum dan Advokasi AMSI Pusat Imam Syafii, dan Kordinator MASI Jabanusa Yatimul Ainun. 

Kapolda Irjen Pol Machfud Arifin meminta AMSI dan komunitas hacker turut memerangi serbuan berita-berita hoax yang semakin marak di media sosial, terutama menjelang pelaksanaan pilkada serentak tahun depan. "Meski dinyatakan saat ini Jatim relatif aman, kita tetap perlu mengantisipasi serbuan hacker yang kemungkinan menyebarkan berita-berita hoax yang bisa mengganggu stabilitas keamanan," kata Irjen Pol Machfud Arifin, yang pernah menjadi Kapolda Maluku Utara dan Kapolda Kalimantan Selatan ini. Jatim akan menggelar 18 pemilihan walikota dan bupata, serta pemilihan gubernur.
 
Khusus kepada, media-media online anggota AMSI, kapolda berharap mampu bertindak secara kode etik jurnalistik dan menyaring semua informasi sebelum dipublikasikan. Media digital harus bersikap bijak di dua sisi, yakni di sisi regulasi industrial dan sisi regulasi jurnalisme.
"Dengan komitmen antara Polda Jatim dengan AMSI dan komunitas hacker ini diharapkan terjalin kerjasama yang konsisten untuk menciptakan Jawa Timur yang aman dan bebas dari hoax," tegas mantan Kadiv Telematika Polri ini. 

Ketua AMSI Jatim Arief Rahman menjelaskan, secara prinsip AMSI Jatim siap berkontribusi aktif dalam mendukung program kapolda. Sebagai salah satu organisasi media siber yang memiliki anggota hampir di seluruh wilayah Indonesia, AMSI berkomitmen untuk ikut menjalin ketahanan informasi positif serta terlibat dalam menangkal isu SARA dan berita hoax yang bisa meruntuhkan bangunan NKRI. 'Anggota AMSI di Jatim menyambut baik komitmen kapolda dan kami berharap agar kerjasama ini dapat berlangsung secara berkesinambungan dan jangka panjang,' ujar Pimred Lensa Indonesia ini.(pul)

Berita Terkait


Selama Tahun Politik, Kapolda Jatim Imbau Tradisi Suran dan Suran Agung Ditiadakan

Wakapolda Jatim Kunjungi TPS Korban Banjir Banyuwangi

Antisipasi Potensi Rawan, Kapolda Jatim Akan Tebalkan Pengamanan

Kapolda Jatim Jamin Keamanan Saat Lebaran


Olimpiade Pecinta Al Quran Perebutkan Tropi Kapolda Jatim

Dalam Waktu Dekat, Kapolda Yakin Abdullah Pasti Ditangkap

Tawuran Antar Warga di Malang, Kapolda Jatim Tak Ingin Warga Khawatir

Gubenur Jatim, Kapolda Jatim dan Kapolrestabes Kunjungi TPS Unik 06 Kebonsari
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber