Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Sosok 

Indon Triwijono yakin, bakat dan talent anak didik bisa digali untuk masa depan. Foto Kris
34 Tahun Menjadi Guru SLB, Indon Triwijono Gali Potensi Anak Didik
Minggu, 26-11-2017 | 01:38
Oleh : Kriswanto
Madiun pojokpitu.com, Indon Triwijono, seorang guru di Kota Madiun sudah lebih dari 30 tahun mengabdi menjadi guru Sekolah Luar Biasa (SLB). Tekad menjadi guru SLB muncul saat mengetahui sang adik mengalami keterbelakangan mental atau tunagraita.

Indon Triwijono kepala SLB Dharma Wanita Kota Madiun,  mengenyam pendidikan diploma 2 (D2) di Sekolah Guru Pendidikan Luar Biasa (SGPLB) Solo tahun 1983. Indon langsung menjadi guru di SLB Dharma Wanita Kota Madiun. Indon lantas melanjutkan pendidikan luar biasa di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan lulus tahun 1997.

Dorongan kuat menjadi guru SLB muncul ketika mengatahui adik kandungnya mengalami tunagraita. Selain itu, dirinya melihat di lingkungan masyarakat banyak sekali penderita tunarungu maupun tunagraita tidak bisa mengenyam pendidikan. 

"Anak-anak berkebutuhan khusus tersebut memiliki hak yang sama dalam pendidikan seperti anak-anak yang normal," kata Indon.

Berbagai tingkah laku anak-anak berkebutuhan khusus menjadi hal yang tidak asing baginyabaginya. Dirinya menekankan pentingnya kesabaran dan ketelatenan mengurus anak-anak tersebut. Indon serta guru yang lain pun terus mengali potensi yang dimiliki para anak didiknya ini.

Kesabaran dan keuletan telah membawa Indon lebih mengerti karakteristik anak-anak berkebutuhan khusus ini. Lebih dari itu, pendidikan anak berkebutuhan khusus dinilai sangat penting agar memberikan masa depan dan hidup mandiri bagi mereka. (pul)

Berita Terkait


Hari Guru, Aturan Tunjangan Profesi Guru Masih Ruwet

34 Tahun Menjadi Guru SLB, Indon Triwijono Gali Potensi Anak Didik

Aduh.. Guru Dominasi Perceraian di Pemkab Madiun

Dua Kata Untukmu Guru, Aku Cinta..


Dua Menteri Ganteng Kompak, Cemaskan Hari Guru 13 Desember

Hari Guru, Walikota Kediri Mengajar Siswa SD

Isak Tangis Warnai Peringatan Hari Guru
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('1699420','2017-12-12','19:18:16','55786','34 Tahun Menjadi Guru SLB, Indon Triwijono Gali Potensi Anak Didik','54.227.126.69','1','desktop')