Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Fenomena Ikan Mabuk, Warga Serbu Bengawan Solo
Jum'at, 24-11-2017 | 14:36 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Meningkatnya debit air Sungai Bengawan Solo di Kabupaten Tuban, dalam sepekan terakhir, membuat ikan di sungai mendadak mabuk.

Fenomena tahunan ini menjadi berkah bagi warga sekitar bantaran sungai, karena mendapatkan rejeki ikan yang melimpah serta mudah untuk ditangkap. Dengan peralatan seadanya, warga tumpah ruah terjun ke sungai, untuk memungut ikan yang sedang mabuk.

Momen seperti ini tidak terjadi setiap hari. Namun, momen yang biasa disebut warga "munggut". Hanya terjadi saat debit air bengawan solo mendadak naik untuk pertama kalinya usai kemarau panjang. Air sungai yang berubah drastis dengan membawa material lumpur, menyebabkan berbagai jenis ikan menjadi mabuk dan muncul ke permukaan.

Seperti warga desa ngadipuro, kecamatan widang, tuban. Sejak pagi hari, mereka langsung tumpah ruah di bibir sungai untuk memungut ikan mabuk yang muncul di permukaan di sekitar tepian sungai.

Warga mengaku momen seperti ini amatlah langka dan hanya terjadi sekali dalam setahun, khususnya saat debit air bengawan solo naik. Air bercampur lumpur membuat aneka jenis ikan sungai seperti ikan nila, udang, jambal, maupun patin, mendadak lemas dan muncul ke permukaan begitu saja.

Menurut Feri pencari ikan mabuk, ikan-ikan hasil tangkapan, dimanfaatkan untuk dimasak dan dikonsumsi bersama keluarga. (pul)

Berita Terkait


Air Sungai Keruh, Ribuan Ikan Mabuk Jadi Rebutan

Warga Panen Ikan Mabuk, Akibat Pengerukan Sungai

Ribuan Warga Ikut Tradisi Petik Ikan Kuras Bendungan Sampean Baru

Fenomena Ikan Mabuk, Warga Serbu Bengawan Solo


Warga Surabaya Rebutan Ikan Mabuk di Kali Jagir

Warga Beramai-Ramai Cari Ikan Mabuk di Sungai Boyolangu

Asyik . . Ayo, Tangkap Ikan Mabuk

Pencemaran Air Sebabkan Ikan Mabuk di Sidoarjo
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('4747167','2018-04-23','20:18:12','55716','Fenomena Ikan Mabuk, Warga Serbu Bengawan Solo','54.224.234.8','1','desktop')