Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Delapan Desa Rawan Bencana Lahar Semeru
Rabu, 22-11-2017 | 01:16
Oleh : Achmad Arif
Lumajang pojokpitu.com, Sebanyak delapan desa di tiga kecamatan, Lumajang, rawan ancaman bahaya banjir lahar dingin Gunung Semeru. Pasalnya, delapan desa tersebut, berada di bantaran sungai aliran banjir lahar Gunung Semeru. Ini diungkapkan Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan, di kantornya.

Delapan desa tersebut, yakni Desa Sumber Urip, Desa Supit Urang dan Desa Oro Oro Ombo di Kecamatan Pronojiwo, Desa Kertosari , Desa Pasru Jambe di Kecamatan Pasru Jambe, sedangkan di Kecamatan Candipuro, Desa Sumber Wuluh, Desa Sumber Mujur dan Desa Penanggal.
 
Delapan desa tersebut berada di sekitar bantaran sungai yang menjadi aliran banjir lahar dingin Semeru. Selain itu, jarak rumah warga dengan sungai yang sangat dekat, yakni Sungai Glidik melintas di Kecamatan Pronojiwo, Sungai Rejali di Kecamatan Candipuro, dan Sungai Mujur yang berada di Kecamatan Pasru Jambe.

Petugas BPBD Lumajang menghimbau, "Bagi warga yang tinggal di sekitar sungai dan para penambang pasir di aliran sungai lahar dingin Gunung Semeru harap meningkatkan kewaspadaannya, karena seiring meningkatnya curah hujan di Lumajang. Dikhawatirkan, terjadi banjir lahar diingin dengan skala besar, bisa saja terjadi."(end)

Berita Terkait


Delapan Desa Rawan Bencana Lahar Semeru

PVMBG Sebut Desa Purworejo Rawan Bencana Tanah Gerak Susulan


Liburan, PT KAI Siapkan Tim di Wilayah Rawan Bencana dan Kriminal

5 Kecamatan Tuban Rawan Bencana Puting Beliung
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber