Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Geng Curanmor Libatkan Anak di Bawah Umur Sebagai Joki
Selasa, 21-11-2017 | 17:16 wib
Oleh : Edwin Jaka
Berita Video : Geng Curanmor Libatkan Anak di Bawah Umur Sebagai Joki
Surabaya pojokpitu.com, Anggota Satreskrim Polsek Tandes , Surabaya, akhirnya mengeluarkan timah panas untuk melumpuhkan dua dari lima pelaku terduga sindikat pencurian motor, yang kerap beroperasi di wilayah Tandes dan Balongsari Surabaya. Dua tersangka lainnya, berstatus di bawah umur yang bertugas sebagai joki saat pencurian.

Kelima anggota geng curanmor Surabaya Barat, yang melibatkan dua anak di bawah umur dalam setiap aksinya, adalah  Ahmad Faruq (25) warga Gadel Baru Surabaya, Agus Syam (19) warga Balongsari Dalam Surabaya, Faisal Icong (27) warga Lempung Indah Tandes Surabaya, MAT (17) warga Jalan Lempung Tandes Surabaya dan RFI (15) warga Balongsari Surabaya.

MAT dan RFI yang masih berstatus anak di bawah umur ini, kerap dimanfaatkan komplotan ini sebagai pemetik atau eksekutor curanmor dengan hanya berbekal kunci l yang sudah dimodifikasi.

Kapolsek Tandes Surabaya, Kompol Sofwan menegaskan, "Komplotan ini sudah beraksi di 9 TKP berbeda di wilayah Surabaya Barat. Sasarannya adalah kendaraan atau motor yang diparkir pemiliknya di tempat sepi seperti perumahan dan pertokoan."

Sementara itu, RFI salah satu pelaku curanmor yang masih berusia 15 tahun ini mengaku, awalnya hanya diajak oleh komplotan ini. Dari hasil penjualan motor curian, RFI diberi komisi sekitar Rp 500 ribu. Ironisnya, uang tersebut digunakannya untuk minum minuman keras, hingga pesta narkoba.

Dari pengungkapan kasus ini, polisi menyita barang bukti empat sepeda motor, baik yang digunakan sebagai sarana maupun hasil kejahatan.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tiga pelaku yang sudah dewasa akan dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, yang ancaman hukumannya 6 tahun kurungan penjara. Sementara untuk dua pelaku yang masih di bawah umur sementara waktu dititipkan di Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) guna menunggu proses hukum lebih lanjut.(end)

Berita Terkait


Pemuda Dupak Timur Curi Motor untuk Modal Pesta Sabu

Polisi Bojonegoro Bekuk Sindikat Curanmor Antar Provinsi

Polisi Magetan Ringkus Marlan Resedivis Curanmor

Diringkus Saat Mau Menikah, Pelaku Curanmor Menikah di Kantor Polisi


Polres Magetan Bekuk 2 Pelaku Curanmor

Polisi Tembak Tiga Tersangka Curanmor

Dua Pelaku Curanmor Ditangkap, 1 Dikirim ke Rumah Sakit Jiwa

Residivis Kasus Curanmor Dibekuk Satreskrim Polsek Turen
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('3574294','2018-02-25','17:15:09','55583','Geng Curanmor Libatkan Anak di Bawah Umur Sebagai Joki','54.167.75.28','1','desktop')