Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Usai Sukses di Singapura, 2 pelajar SPEMMA Raih 5 Medali Robocup di Jepang
Senin, 20-11-2017 | 21:37
Oleh :
Sidoarjo pojokpitu.com, Dua pelajar SMP Muhammadiyah 5 (SPEMMA) Surabaya mengikuti kompetisi robotik di Tokyo Jepang. Lakki Taj Roid dan Ghifari Irtiza, kedua pelajar itu tiba di Bandara Haneda Tokyo Jepang pada hari Kamis, 9 November 2017 pukul 7 pagi. Setiba di Tokyo, mereka menyempatkan diri mengunjungi beberapa destinasi wisata dan belanja di Shibuya, Harajuku, Sinjuku, dan Asasuka Temple.

Usai meraih juara 2 dalam kompetisi robocup di Singapura,  Taj dan Ghifari kembali beradu kompetisi dalam ajang  International Islamic School Robotic Olympiad (IISRO) yang dihelat di Sekolah Republik Indonesia Tokyo.  Perwakilan dari beberapa negara sudah hadir di lokasi lomba pada Sabtu pagi (11/11) untuk berebut juara dalam ajang  tahunan tersebut.

Kesan lebih menantang beradu robot dengan kontestan yang juga sudah berpengalaman.

"Rasanya tegang mengikuti lomba yang sangat bergengsi di Jepang. Tapi saya dan Ghifari tetap optimis bisa bersaing dengan peserta lainya," terang Taj. Duo jago robot tersebut dipaksa untuk bisa menyelesaikan permasalahan sendiri.

Berangkat tanpa pelatih menuntut mereka untuk siap menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi pada robot yang akan diadu dalam lomba. Kejadian tidak terduga benar-benar terjadi. Robot Sumo mereka mengalami error jelang pelaksanaan lomba. Mereka berinisiatif konsultasi via telepon kepada pelatihnya.  Akhirnya, robot Sumo bisa beroperasi normal kembali dan siap berkompetisi.

Perjuangan yang panjang selama dua hari berjibaku dengan 5 robot yang mereka adu. Ikhtiar yang maksimal akhirnya berbuah manis. 4 medali emas dan 1 medali perak berhasil mereka raih. Juara 1 untuk lomba katgori robot Sumo Auto, Sumo RC, Gathering Senior, Soccer Senior, dan juara 2 Maze Solving Senior.

"Ini adalah berkah doa dan iktiar yang selama ini saya lakukan dengan Taj. Selama dua minggu menjelang lomba kami berlatih setiap hari sampai malam. Alhamdulillah membuahkan hasil, 5 medali berhasil kami bawa pulang untuk SPEMMA," terang Ghifari.

Segudang prestasi nasional dan internasional yang telah diraih tidak lantas membuat berbangga diri. Kini mereka bersiap diri untuk mengikuti kompetisi robocup di Thailand yang akan diselenggarakan pada 12-13 Desember 2017 yang akan diikuti oleh peserta se- Asia Pasifik.(end)




Berita Terkait


Usai Sukses di Singapura, 2 pelajar SPEMMA Raih 5 Medali Robocup di Jepang

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('2725200','2018-01-21','05:49:55','55546','Usai Sukses di Singapura, 2 pelajar SPEMMA Raih 5 Medali Robocup di Jepang','54.227.104.40','1','desktop')