Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah mengakui, teknologi yang digunakan untuk Sihati mampu membantu mengendalikan inflasi di Jawa Tengah. Foto Tika
Jawa Tengah Pamer Sihati, Teknologi Untuk Monitoring Inflasi
Senin, 20-11-2017 | 12:31 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Berbagai cara dilakukan pimpinan daerah dalam menanggulangi inflasi yang bergejolak. Salah satunya di Jawa Tengah menggunakan teknologi melalui Sistem Informasi dan Produksi Komoditas, Sihati, untuk memonitor harga komoditas.

Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah mengatakan, sistem ini bekerja dengan memasukkan data atau harga komoditas secara online setiap hari, sehingga bisa tetap termonitor lebih efektif. Dengan kondisi tersebut, Jawa Tengah mengklaim menjadi provinsi yang paling berhasil dalam mengurangi angka kemiskinan. Sebab, harga komoditas sangat berpengaruh terhadap kondisi masyarakat. 

"Semakin tinggi harga komoditas, akan menggerus daya beli masyarakat, sehingga monitor harga komoditas perlu dilakukan," kata Ganjar Pranowo

Dengan sistem Sihati yang baru diaplikasikan sejak tahun lalu, Ganjar meyakini inflasi bisa lebih terkendali. Bahkan, telah menawarkan teknologi ini ke Presiden Joko Widodo dan Bank Indonesia serta sejumlah pimpinan daerah agar mau mengaplikasikan sehingga secara nasional.

"Sejauh ini, baru Pemprov Aceh menyatakan ketertarikannya pada teknologi Sihati," Jelas Ganjar. 

Sebab, sejatinya kondisi setiap daerah sama, yang membedakan hanya jenis data yang diinput ke aplikasi, sehingga menghasilkan output yang berbeda. Teknologi akan menunjukkan warna merah pada komoditas atau data yang perlu diintervensi secara khusus. 

Ganjar menyebut, dengan teknologi ini, pihaknya mampu menekan anggaran belanja daerah lantaran biaya rapat dan konsumsi juga berkurang. Sebagai akibat penggunaan teknologi chat room untuk memediasi antar pimpinan terkait saat mengadakan rapat. (pul)

Berita Terkait


Inflasi Kota Malang dan Sumenep Tertinggi

Setelah Alami Deflasi, Oktober Jatim Kembali Inflasi

Kenaikan Harga Telur , Cabe Rawit dan BBM Picu Inflasi pada Juli

Inflasi Kota Madiun Mei 2018 Sebesar 0,12 Persen


Kenaikan Harga Telur , Cabe Rawit dan BBM Picu Inflasi pada Juli

Inflasi Kota Madiun Mei 2018 Sebesar 0,12 Persen

Redam Laju Inflasi, BI Terus Pantau Pergerakan Harga Kebutuhan Pokok

BI Pantau Inflasi, Satgas Pangan Pantau Penimbunan
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber