Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Karna Suswandi, Kepala Dinas Pupr Bondowoso.
Gema Pildasi Gerakan Antisipasi Banjir Jelang Musim Hujan
Minggu, 19-11-2017 | 04:36
Oleh : Rizqi Setiawan
Bondowoso pojokpitu.com, Guna mengantisipasi terjadinya banjir pada awal musim hujan ini, Dinas PUPR Bondowoso membuat gerakan bersama masyarakat peduli aliran sungai dan irigasi bersih atau Gema Pildasi.

Menurut Karna Suswandi, Kepala Dinas PUPR Bondowoso, hal tersebut dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan, dengan membuang sampah di aliran sungai dan irigasi. Sehingga membuat lingkungan tidak sehat karena aliran tersumbat.

Dinas PUPR, mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan dengan membentuk gerakan masyarakat peduli daerah aliran sungai dan irigasi, yang disingkat Gema Pildasi.

Gerakan dimulai sejak tahun 2016 ini, terbukti ampuh mencegah bencana banjir. Karena kondisi sungai sudah bersih, serta para petugas penjaga air dioptimalkan untuk selalu berjaga debit air. "Jika debit naik, petugas segera membagi air agar tidak terjadi luapan," kata Karna Suswandi.

Gema Pildasi juga sangat ampuh mengatasi kekeringan saat kemarau melanda. Karena debit air diupayakan selalu stabil pada kondisi musim apapun

Gema Pildasi juga mengajak warga untuk terus menanam pohon disekitar sungai sebagai tabungan sumber mata air baru di masa depan. Gerakan ini juga sudah pernah masuk dalam juara nasional irigasi, sehingga banyak kabupaten lain yang datang ke Bondowoso untuk mempelajari bagaimana mengelola aliran air dan irigasi yang benar. (pul)

 

Berita Terkait


Gema Pildasi Gerakan Antisipasi Banjir Jelang Musim Hujan

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber