Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Opini 

Wanita dan diabetes Catatan pinggiran untuk peringatan hari diabetes sedunia..
Kamis, 16-11-2017 | 09:53
Oleh : Nova Sari
Surabaya pojokpitu.com, 14 november diperingati sebagai hari diabetes sedunia. Tiap tahun tema yg diusung berbeda-beda. Tahun ini, mengambil tema wanita dan diabetes.

Mengapa memilih tema ini? Karena dari data WHO,  jumlah penderita diabetes dari kaum hawa ini meningkat 3 tahun terakhir.

Entah karena gaya hidup, maupun memang sudah ada faktor resiko untuk diabetes millitus alias kencing manis. Misalnya nih, perempuan suka ngemil. Ga terasa yang dibuat cemilan mengandung gula. Belum lagi kalo lagi baper, bawaannya pengen minum coklat hangat atau makan coklat. Nah..lo.. berapa banyak kandungan gula yang dikonsumsi? Bila ini menjadi sebuah kebiasaan, bisa menjadi early warning system pada tubuh.. jangan kaget bila pada saat cek gula darah hasilnya lebih dari 120.

Selain itu dari teori genetika x dan y, wanita memang ada bakat keturunan. Yah, kalo seperti itu bisa dikategorikan DM tipe 1. Tapi di era moderen dan serba instan penderita DM tipe 2 mengalami peningkatan. Selain penderita wanita meningkat, usia pun kini tidak lagi pada angka 45 ke atas. Justru sekarang di usia produktif juga meningkat..

Kenapa DM harus dicegah ?  Karena penyakit DM ini sifatnya gak mau sendirian. Alias membawa komplikasi penyakit lainnya. Bila nyantol di mata bisa terkena retinopati diabeti,katarak maupun glukoma. Bila nyantol dijantung bisa menyebabkan penyakit jantung, dan lain sebagainya. DM juga menjadi penyumpang terjadinya kerusakan ginjal. Sehingga orang akan menjadi ketergantungan untuk cuci darah.

Bagaimana mencegah atau mengontrol. kadar gula darah? Hal sederhana yang bisa dilakukan dengan menggunakan alat ukur kadar gula darah instan. Banyak apotek,maupun tempat penjualan alat kesehatan bisa ditemukan alat ini. Diharapkan masyarakat bisa mendeteksi dini. Bukankah pepatah bilang mencegah lebih baik daripada mengobati..

Nah,bila anda mempunyai resiko tinggi,yuk saatnya kembali kepada pola hidup sehat. Tak hanya mengatur asupan nutrisi saja,namun juga olahraga,dan jangan lupa kelola stres anda. (pul)

Berita Terkait


Wanita dan diabetes Catatan pinggiran untuk peringatan hari diabetes sedunia..

Kebiasaan Ini Bisa Mengurangi Resiko Diabetes Loh

Ini Tanda Mengejutkan dari Diabetes

Begini Cara Mengatasi Diabetes Selama Kehamilan


Ini Tanda Mengejutkan dari Diabetes

Herbal yang Bisa Atasi Diabetes

Begini Cara Mengatasi Diabetes Selama Kehamilan

Buah Terbaik untuk Penderita Diabetes
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber