Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Rudiantara, Menkominfo RI
Kemkominfo Berikan Akses Internet Cepat Bagi 11 Ribu Sekolah di Perbatasan
Rabu, 15-11-2017 | 20:06 wib
Oleh : Bagus Setiawan
Surabaya pojokpitu.com, Penyediaan sarana dan prasarana akses teknologi berjaringan internet bagi sekolah di daerah terpencil bakal segera terwujud. Langkah ini dilakukan Kemkominfo bersama Kemendikbud dan Pustekkom, dengan memberikan layanan berupa akses internet cepat bagi 11 ribu sekolah yang berada di daerah terdepan, terluar dan tertinggal.

Upaya yang dilakukan sebagai bentuk untuk meningkatkan pemerataan akses pendidikan khususnya di daerah terpencil. Karena kini masih terdapat 38 ribu dari 240 ribu sekolah termasuk madrasah belum terakses internet. 

Rencananya bantuan layanan terhadap 11 ribu sekolah ini, ditargetkan 2019 mendatang bisa dipakai, dengan harapan pada 2024 seluruh sekolah yang berada diperbatasan dapat mengakses fasilitas tersebut. Karena indonesa akan memiliki satelit sendiri khusus internet cepat pada tahun 2021. 

Menurut Rudiantara Menkominfo RI, banyak keuntungan dengan adanya fasilitas jaringan internet cepat ini. Selain bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar, juga dapat digunakan untuk ujian nasional berbasis internet. 

Bagi Kemendikbud, sarana dan prasarana layanan internet cepat bagi sekolah terpencil ini sangat membantu khususnya bagi pemerataan pendidikan dibidang teknologi infomasi dan komunikasi. Dari data Kemendikbud, ada sebanyak 11 ribu sekolah berada dikawasan terpencil dan perbatasan, namun baru 1.313 sekolah yang bisa mengakses internet.

Selain bidang pendidikan, Kemkominfo juga akan menyediakan akses internet cepat untuk balai desa, Puskeamas serta kantor pemerintahan di daerah perbatasan melalui program Universal Service Obligation atau USO. (pul)

Berita Terkait


Kecepatan Internet di Indonesia Paling Lemot di Dunia

32 Perguruan Tinggi NU Terapkan Kuliah Jarak Jauh

Kemkominfo Berikan Akses Internet Cepat Bagi 11 Ribu Sekolah di Perbatasan

Diskominfo Instruksikan Jaringan Internet Pemerintahan Dimatikan


Perluas Jangkauan Internet Melalui Digital Grapari Telkom Group

Kemkominfo Berikan Akses Internet Cepat Bagi 11 Ribu Sekolah di Perbatasan

Awas Tertipu Kabar Bagi - Bagi Paket Internet

Dumolid Dijual Bebas di Internet

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber