Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Dahlan Iskan Yakinkan Mahasiswa, Koran Akan Bertahan
Rabu, 15-11-2017 | 20:02 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Berita Video : Dahlan Iskan Yakinkan Mahasiswa, Koran Akan Bertahan
Surabaya pojokpitu.com, Nasib media koran di tengah gempuran media sosial dan media online, ternyata menggelitik mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga (FISIP Unair). Untuk menjawab rasa penasaran ini, FISIP Unair mendatangkan Dahlan Iskan, mantan CEO Jawa Pos Group untuk memberikan kuliah umum, seputar nasib media koran di tengah media sosial dan online.

Di depan ratusan mahasiswa FISIP Unair, Dahlan Iskan menjelaskan, nasib koran selalu dipertanyakan sejak tahun 1800-an, atau sejak radio muncul. Saat televisi muncul, banyak yang menduga bahwa koran akan bangkrut. Tetapi kenyataannya, masih ada koran yang hidup, dan bertahan. Saat muncul internet, banyak yang menduga bahwa radio, televisi, dan koran akan mati, ternyata tidak.
 
Mantan Menteri BUMN ini memaparkan, yang terjadi saat ini, dengan menjamurnya media sosial dan media online ini, memang di luar dugaan pemilik perusahaan koran.

"Saat ini  semuanya serba internet, dengan tinggal satu klik, maka semua dapat diperoleh. Namun perkembangan teknologi ini tidak hanya akan mengancam koran saja,  melainkan dunia pendidikan. 10 tahun lagi, bisa tidak akan ada lagi dosen atau guru, karena akan digantikan dengan teknologi," paparnya.
 
Sementara itu, Yayan Sakti Suryandaru, Ketua Departemen Komunikasi FISIP Unair mengatakan, "Tujuan mendatangkan Dahlan Iskan, untuk menjawab rasa penasaran mahasiswa tentang nasib koran di tengah gempuran media sosial dan online. Pasca kuliah umum ini, para mahasiswa merasa lega bahwa koran tetap akan hidup asalkan dikelola secara profesional."
 
Usai mendatangkan Dahlan Iskan, rencananya FISIP Unair akan kembali mendatangkan pakar dan praktisi media lainnya, untuk  menambah wawasan mahasiswa tentang media koran.(end)

Berita Terkait


Tuana Tuha

Angin Nuklir

Taichan Mengalir

Heboh Sendiri


Dahlan Iskan Yakinkan Mahasiswa, Koran Akan Bertahan

Menteri Susi Berkunjung ke Rumah Dahlan Iskan

Dahlan Iskan Disambut Hangat di Resepsi Kahiyang

Berkunjung ke Sakura, Dubes Singapura Makan Siang Bersama Dahlan Iskan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber