Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Mahasiswa Temukan Inovasi Biopori, Cegah Banjir di Pemukiman
Rabu, 15-11-2017 | 09:15
Oleh : Felli Kosasi
Jember pojokpitu.com, Berbekal besi linggis dan pipa paralon, sejumlah mahasiswa Politeknik Negeri Jember mempraktekkan inovasi biopori di sekitar halaman kampus mereka. Biopori merupakan teknologi sederhana untuk mengoptimalkan daya resap air, karena lapisan tanah tertutup oleh aspal maupun beton paving.

Pembuatan instalasi biopori sendiri cukup sederhana. Awalnya disiapkan pipa paralon sepanjang 30 sentimeter. Paralon dilubangi di beberapa titik sisinya, lalu ditanam ke dalam lantai paving maupun aspal. Sebelum ditutup, bagian dalam paralon diisi dengan sampah organik, seperti daun-daunan maupun sisa buah.

"Biopori bekerja dengan memanfaatkan proses penguraian sampah organik di bawah tanah. Keberadaan sampah organik merangsang datangnya cacing yang dapat masuk melalui lubang-lubang kecil di sisi paralon, sehingga tanah lebih gembur dan dapat maksimal menyerap air," jelas Damas Adi, mahasiswa Politeknik Negeri Jember.

Biopori biasanya mulai bekerja secara optimal setelah sampah organik mulai mengurai, yakni sekitar 2 bulan setelah dipasang. Biaya pembuatan biopori juga sangat murah. Cukup dengan Rp 50 ribu, dapat dibuat 10 unit instalasi biopori, yang dapat dipasang menyesuaikan dengan luasan tanah.

"Selain membantu mengatasi banjir, sistem biopori juga bermanfaat untuk menjaga ketersediaan air bersih terutama di areal perkotaan," tambah Nanang Dwi Wahyono, Direktur Politeknik Negeri Jember.

Sejauh ini mahasiswa masih menerapkan inovasi biopori di kawasan kampus. Namun mereka akan mencoba memproduksi secara massal, untuk membantu mengatasi masalah banjir di areal permukiman maupun jalan raya.(end)

Berita Terkait


Mahasiswa Temukan Inovasi Biopori, Cegah Banjir di Pemukiman

Antisipasi Banjir, Siswa SMA dan SMK Se - Jatim Ikuti Lomba Biopori

Sosialisasi Penggunaan Alat Bor Biopori Bermotor

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber