Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Pemprov Jatim Kaji Kerjasama Pengolahan Limbah Cangkang Kerang Dengan PJB
Rabu, 15-11-2017 | 06:11
Oleh : Atiqoh Hasan
Berita Video : Pemprov Jatim Kaji Kerjasama Pengolahan Limbah Cangkang Kerang Dengan PJB
Surabaya pojokpitu.com, Setelah Pemkot Surabaya melakukan kerjasama dengan PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) untuk mengolah limbah sampah menjadi energi baru terbarukan (EBT) kali ini Pemprov Jatim berencana melakukan kerja sama serupa. Bedanya, Pemprov dan PJB akan mengolah limbah kerang di wilayah Pantai Kenjeran Surabaya sebagai bahan baku listrik ramah lingkungan.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf, melihat potensi limbah cangkang kerang dapat digunakan sebagai bahan baku listrik ramah lingkungan. Limbah cangkang ini banyak ditemukan di pesisir pantai Kenjeran.

Gus Ipul, panggilan akrab Saifullah Yusuf, ini menilai, potensi tersebut bisa dikembangkan dengan melakukan kajian lanjut bersama PJB sebagai operator yang dipercaya bisa mengubah limbah menjadi energi baru terbarukan yang bersifat ramah lingkungan.

Saat ini kajian mengenai pemanfaatan limbah cangkang kerang baru memasuki tahap perencanaan, pengamatan, dan pemetaan. Gus Ipul mengakui, "Hal itu baru memasuki tahap kajian, sebab yang menjadi concern Pemprov saat ini adalah pengolahan limbah B3, yang setiap tahun mencapai 300 juta ton per tahun. Namun, baru 170 juta ton yang terdeteksi berasal dari perusahaan tertentu. Seperti PJB, yang menghasilkan limbah B3 150 juta ton per tahun."

Sementara PT PJB mengakui, pihaknya tengah melakukan kajian pengolahan limbah cangkang kerang bersama tim dari ITS. namun, sejalan dengan Pemprov, pihaknya sekarang masih fokus pada pengolahan limbah B3 hasil dari abu batu bara yang setiap tahun mencapai 800-1500 ton, dan 90-95 persennya telah dikirim ke pabrik semen di Tuban untuk dimanfaatkan sebagai bahan tambahan konstruksi bangunan, sehingga memiliki nilai manfaat lebih. Demikian dipaparkan Sugianto, Direktur Operasional PT PJB

Sugianto menambahkan, pihaknya tetap berkomitmen sebagai perusahaan penyuplai 60 persen listrik di Jawa dan Bali untuk menghasilkan energi  ramah lingkungan dan bebas polusi.

Sebelumnya, PJB telah melakukan kerja sama dengan 8 kelompok pengolah sampah di Gresik untuk mengolah sampah yang dihasilkan menjadi energi ramah lingkungan. (end)

Berita Terkait


Pemprov Jatim Kaji Kerjasama Pengolahan Limbah Cangkang Kerang Dengan PJB

Pemkab Sidoarjo Akan Tindak Perusahaan Buang Limbah Sembarangan

Belum Tetapkan Tersangka, Dua Saksi Kembali Diperiksa Atas Kasus Limbah Medis

Polda Jatim Bongkar Pengelolaan Limbah Medis Ilegal


Limbah Gudang Kopra Terbakar Merusak Lahan Pertanian Warga

Belum Tetapkan Tersangka, Dua Saksi Kembali Diperiksa Atas Kasus Limbah Medis

Polda Jatim Bongkar Pengelolaan Limbah Medis Ilegal

Kreatif, Warga Madiun Manfaatkan Limbah Kayu Jadi Miniatur Unik
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber