Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Dewan Desak Pemberdayaan BUMDes
Selasa, 14-11-2017 | 20:12
Oleh : Dewi Imroatin
Surabaya pojokpitu.com, BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) selama ini pengelolaannya tidak maksimal, padahal BUMDes menjadi wadah untuk masyarakat desa berinovasi dalam menggairahkan perekonomian di desa. Menyikapi fakta itu, anggota Komisi A DPRD Jatim, menilai pemerintah harus mengupayakan program pemberdayaan BUMDes, agar BUMDes benar-benar bisa dikelola dan berkembang dengan baik.

"Biro Pemberdayaan Masyarakat Desa harus turun langsung ke desa untuk melihat secara langsung apa yang menjadi kendala tidak berjalannya dengan baik BUMDes, padahal BUMDes menjadi wadah inovasi untuk mengerakkan ekonomi kreatif masyarakat desa, apalagi potensi desa sangat banyak untuk bisa digerakkan agar mampu mensejahterakan masyarakat desa," ungkap politisi dari fraksi PPP ini.

Fauzan menuturkan, selain pentingnya pemberdayaan BUMDes, advokasi desa juga snagat penting, apalagi semakin maraknya persoalan desa, seperti kepala desa terkait dengan pelanggaran dan penyimpangan anggaran desa. Untuk itu, harus ada advokasi desa selain untuk memberikan advokasi kepala desa yang mengalami permasalahan, juga untuk membantu pemberdayaan masyarakat desa dan perangkat desa dalam mengelola keuangan, sehingga tidak sampai tersandung permasalahan.

"Komisi A akan membentuk Forum Peduli Desa Jatim yang diinisiasi Komisi A tujuannya untuk mengevaluasi persoalan yang rentan dengan ranah hukum di pemerintah desa," ungkapnya.

Fauzan menambahkan, penanganan sektor pertanian juga sangat penting dikarenakan masih mengalami banyak persoalan seperti kelangkaan pupuk, dan irigasi yang tidak maksimal. Untuk itu, diperlukan sinkronisasi, koordinasi, sinergi, koneksitas antar instansi pemerintah dalam rangka mendukung perbaikan sektor pertanian. "Banyak yang harus disinergikan dalam mewujudkan program kedaulatan pangan di Jatim," imbuhnya.(end)



Berita Terkait


Dewan Desak Pemberdayaan BUMDes

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber