Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Enam belas tersangka semuanya peternak sapi ini, ditahan lantaran terbukti korupsi uang kredit sapi senilai Rp 5,3 miliar. Foto Rosi
Jual Sapi Kredit Rp 5,3 Miliar, 16 Peternak Sapi Pacitan Ditahan Kejati
Selasa, 14-11-2017 | 12:37
Oleh : Fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com, Enam belas tersangka kasus korupsi kredit usaha peternakan sapi dari Pacitan, Senin malam ditahan oleh penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Jatim.

Para tersangka telah menjalani pemeriksaan di ruang Pidana Khusus Kejati Jatim. Enam belas peternak sapi dari Pacitan ini langsung digiring menuju mobil tahanan. Penahanan ke-16 tersangka ini, demi melancarkan proses persidangan di Pengadilan Tipikor. 

Kasus korupsi yang dialami peternak sapi asal Pacitan berawal saat pemerintah meluncurkan program usaha pembibitan sapi melalui kredit usaha peternakan sapi, KUPS, yang disalurkan melalui Bank Jatim, di tahun 2010. 

Didik Farkhan, Asisten Pidana Khusus Kejati Jatim mengatakan, begitu tahu ada program ini, sebanyak 18 peternak mendirikan kelompok sapi. Satu kelompok diketuai Effendi, diberi nama Pacitan Agromilk dengan anggota 8 orang. Sementara kelompok kedua diberi nama Pacitan Agromilk 2, diketuai Suramto dengan anggota 10 orang. 

Selanjutnya, kedua kelompok ini menerima kredit sebesar Rp 5,3 miliar, dengan rincian kelompok satu menerima Rp 3,9 miliar, sementara kelompok kedua menerima Rp 1,3 miliar. 

Untuk membuktikan bahwa mereka peternak, ke-18 tersangka ini membeli sapi lengkap bersama kandangnya. Karena tak punya pengalaman, banyak sapi yang sakit dan mati. Selanjutnya ke-18 peternak abal-abal ini langsung menjual sapi dan hasilnya untuk kepentingan pribadi. "Dari 18 peternak, dua tidak ditahan yakni Eko Budi Satrio dan Basuki Rakhmat lantaran bersedia mengembalikan uang," kata Didik Farkhan.

Saat ini, Kejati Jatim masih akan mengembangkan kasus terkait kemungkinan ada peternak lain atau pejabat yang terlibat. Sementara ke-16 peternak dititipkan ke Rutan Medaeng, sebelum menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor. (pul)

Berita Terkait


Jual Sapi Kredit Rp 5,3 Miliar, 16 Peternak Sapi Pacitan Ditahan Kejati

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber