Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Mlaku - Mlaku 

Kendaraan roda dua yang ditarik oleh manusia ini, akan mengantarkan traveler sampai ke puncak ijen. Foto Handoko
Taksi Ijen, Solusi Wisatawan Yang Tak Kuat Mendaki
Selasa, 14-11-2017 | 11:15 wib
Oleh : Handoko Khusumo
Banyuwangi pojokpitu.com, Bagi traveler yang ingin menikmati keindahan puncak kawah ijen namun tidak kuat mendaki gunung setinggi 2.443 meter diatas permukaan laut (mdpl), bisa menggunakan jasa Taksi ijen.

Beberapa penambang belerang di puncak ijen sudah beralih profesi menjadi pemandu dan penarik taksi ijen. Ini sebagai tambahan pendapatan, ketika pengunjung ramai. Mereka pun tak sungkan menawarkan jasa mereka ke pengunjung ijen.

Sebenarnya kendaraan taksi ijen ini hanyalah sebuah troli milik penambang yang digunakan untuk mengangkut belerang dari puncak ijen ke paltuding. Troli tersebut disulap sedemikian rupa, hingga nyaman ditumpangi para wisatawan menuju puncak.
 
Alas tempat duduk pun dibuat nyaman, dengan busa dibalut kulit sintetis, agar empuk saat diduduki. Tak hanya itu, troli ini juga dilengkapi dengan tromol rem, yang akan digunakan mengurangi kecepatan saat turun dari puncak ijen. 
 
Ketika menaiki taksi ijen, traveler dipersilahkan naik ke troli dengan cara duduk di atas troli. Kemudian penambang mengikatkan tali ke perutnya untuk menarik dari depan. Satu orang lagi bertugas sebagai kemudian dan mendorong troli. 
 
Jalan yang menanjak serta penuh tikungan tajam dibutuhkan tenaga ekstra untuk sampai ke puncak ijen.  Setiap troli yang mengangkut wisatawan dibutuhkan 3 penambang untuk menarik troli. Ini juga tergantung berat wisatawan yang menggunakan jasa taksi ijen ini.
 
Menurut Eko salah satu penarik troli, jika beratnya diatas 80 kilogram yang narik troli ada tiga orang, dan satu orang mendorong dan kemudi.
 
Dalam sekali angkut pergi pulang, wisatawan domestik dikenakan biaya Rp 800 ribu. Sedangkan wisatawan mancanegara dikenakan tarif Rp 1,2 juta. Sementara untuk sekali perjalananan naik sekali pulang atau pergi dikenakan biaya Rp 400 ribu. 
 
Menurut Siti Umairoh, wisatawan asal Malaysia mengaku sangat senang dan merasa terbantu dengan adanya taksi ijen bisa sampai naik hingga ke puncak.

Keberadaan taksi ijen mendapat respon positif. Kendaraan bertenaga manusia ini dapat membantu para wisatawan yang ingin ke puncak ijen namun tak kuat mendaki. "Kini para wisatawan tidak perlu susah dan capek untuk sampai ke puncak," terang Siti.
   
Kawah ijen merupakan salah satu destinasi wisata unggulan yang banyak dikunjungi wisatawan. Untuk mendaki puncak ijen, dibutuhkan waktu 3-4 jam. Dengan menggunakan taksi ijen, wisatawan hanya menempuh waktu kurang lebih 2 jam. (pul)

Berita Terkait


Sopir Taksi Online Sambut Gembira Permenhub No. 108/2017 Dicabut

Bamsoet Desak Perusahaan Taksi Online Cegah Driver Jahat

Merasa Didzolimi Taksi Online, Sopir MPU Lurug Dishub

Ratusan Sopir Angkutan Menggelar Aksi Demo


Lebaran, Taksi Online Kebanjiran Rezeki

Berebut Wanita, Sopir Taksi Online Tewas Dikeroyok Pemuda

Lakukan Aksi Penipuan Pemesanan Taksi Online, 3 Warga Surabaya Disidangkan

Hindari Kucing, Taksi Prima Nyungsep Masuk Parit
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber