Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Alasan Mengada-ada Setnov untuk Hindari Panggilan KPK
Selasa, 14-11-2017 | 06:13
Oleh :
Jakarta pojokpitu.com, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarif menuding Ketua DPR Setya Novanto sengaja mencari-cari alasan untuk menghindari panggilan pemeriksaan terkait kasus e-KTP. Sebab, tersangka korupsi e-KTP itu hanya mau memenuhi panggilan KPK jika lembaga antirasuah tersebut mengantongi izin pemeriksaan dari presiden.

"Alasan itu (izin dari presiden, red) alasan mengada-ada," ujar Syarif di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta, Senin (13/11).

Karena itu, Syarif mempertanyakan alasan Setnov -panggilan Novanto- mangkir dari panggilan KPK. Dosen ilmu hukum di Universitas Hasanuddin Makassar itu menegaskan, KPK tidak memerlukan izin presiden untuk memanggil pejabat negara termasuk ketua DPR sekalipun.

"Tidak sama sekali kok, tidak harus izin. Baca saja aturannya, kan itu juga sudah ada putusan MK tidak mewajibkan adanya izin dari presiden," pungkas Syarief.

Seperti diketahui, KPK hari ini sedianya memeriksa Setnov sebagai saksi bagi Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiharjo (ASS) yang menjadi tersangka kasus korupsi proyek e-KTP. Namun, ketua umum Golkar itu tak memenuhi panggilan KPK.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, Novanto sudah mengirim surat perihal ketidakhadirannya memenuhi panggilan pemeriksaan. "Pagi ini, KPK menerima surat terkait dengan ketidakhadiran Setya Novanto sebagai saksi untuk tersangka ASS," ujar Febri.

Menurut Febri, alasan ketidakhadiran Novanto adalah keharusan bagi KPK untuk mengantongi izin presiden sebelum memeriksa anggota DPR. "Alasan yang digunakan adalah terkait izin presiden," sebutnya.(dna/jpg/end)

Berita Terkait


Novanto di Ujung Tanduk, Kader Berpaling ke JK

Setya Novanto Segera Lengser dari Golkar

Papa Novanto Harus Diobservasi di RSCM

Setnov Dipindah ke RSCM , Pengacara Tolak Surat Penahanan


Saran Pengamat untuk Setnov : Lengser Saja dari Golkar dan DPR

Usai Diperiksa KPK, Setnov Dihadang Mahasiswa

Setnov Tak Penuhi Panggilan KPK Bukannya takut, Tapi . .

Setnov Pantau Mudik di Stasiun Senen
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber