Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Sukses ! Tim Olimpiade Matematika Indonesia Bawa Pulang 6 Emas
Selasa, 14-11-2017 | 05:12
Oleh :
Davao pojokpitu.com, Tim Olimpiade Matematika Indonesia sukses meraih enam emas pada ajang International Teenagers Mathematics Olympiad (ITMO) ke-8 di Davao, Filipina.

Selain memboyong enam medali emas, tim Indonesia SMP ini juga berhasil membawa pulang delapan medali Perak, dan enam medali Perunggu.

Direktur Pembinaan SMP Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemdikbud Supriano mengungkapkan, medali-medali tersebut diperoleh dari dua kategori lomba, yakni individual dan tim.

Pada Lomba Individual, Indonesia memperoleh dua emas, empat perak dan dua perunggu. Sedangkan pada lomba tim menyabet satu penghargaan Champion (medali Emas), satu penghargaan 1st Runner Up (medali Perak).

Pada lomba grup menyabet satu penghargaan Champion (medali Emas), satu penghargaan 1st Runner Up (medali Perak).

"Sebuah prestasi yang luar biasa diraih oleh Tim A yang menggondol penghargaan 2nd Runner Up Best Over All (peringkat ke-3 dari total 43 Tim tingkat SMP)," terang Ono, sapaan akrabnya, Senin (13/11).

Selain itu salah satu siswa yaitu Justin Adrian Halim berhasil mendapatkan full score pada lomba individu. Kompetisi ini menjadi cetak prestasi yang luar biasa bagi siswa SMP di kancah Internasional.

International Teenagers Mathematics Olympiad (ITMO) merupakan kompetisi dua tahunan yang bergengsi di tingkat internasional karena tingkat kesulitan soalnya yang tinggi dan membutuhkan penalaran kuat dalam pemecahan soalnya.

Direktorat PSMP pada ITMO 2017 ini mengirimkan dua tim yang terdiri dari dua Team Leader, dua Deputy Leader, dan delapan peserta dari siswa peraih medali emas serta medali perak pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2017 di Pekanbaru, Riau.

Kompetisi ini diikuti 172 peserta siswa SMP dan 84 siswa SD dari 16 negara yaitu Afrika Selatan, Bulgaria, China, Filipina, India, Indonesia, Iran, Kamboja, Malaysia, Mongolia, Nepal, Rusia, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. (esy/jpnn/end)

Berita Terkait


6 Ribu Siswa SMA se-Indonesia Ikuti Olimpiade Kedokteran di FK Unair

Sukses ! Tim Olimpiade Matematika Indonesia Bawa Pulang 6 Emas

Ratusan Pelajar SMK dan SMA se-Jatim Beradu Kemampuan Ber-Akuntansi

3 Atlet Peraih Medali Tiba di Grahadi


Konvoi Atlet Peraih Medali Olimpiade

Presiden Sambut Pahlawan Olahraga Kontingen Olimpiade Indonesia

Mencekam, Bus Wartawan Olimpiade Dihujani Peluru

Doa Keluarga Riau Ega, Atlet Panahan Mendapatkan Medali Olimpiade
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber