Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Dalam perjalanan, rumah sakit ini akan dilengkapi 7 dokter spesialis, 4 perawat, dan 5 kru kapal serta obat dan ruang operasi. Foto Rosi
Bawa 7 Dokter, RS Terapung Ksatria Airlangga Menuju Kepulauan Sumenep
Senin, 13-11-2017 | 10:07
Oleh : Fakhrurrozi
Berita Video : Bawa 7 Dokter, RS Terapung Ksatria Airlangga Menuju Kepulauan Sumenep
Surabaya pojokpitu.com, Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga Akhirnya resmi diluncurkan, oleh Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Usai diluncurkan, rumah sakit terapung ini langsung diberangkatkan ke 3 kepulauan di Sumenep, yang minim fasilitas kesehatan.

Tiga kepulauan di sumenep, madura yang akan disinggahi rumah sakit terapung ksatria airlangga ini antara lain kepulauan kangean, sapudi dan masalembo. Ketiga kepulauan ini mendapat prioritas pelayanan kesehatan, lantaran ketiga kepulauan ini minim fasilitas kesehatan. Selain itu, ketiga kepulauan ini mendapat prioritas terlebih dahulu, sebelum cuaca buruk terjadi. 

Menurut dr Christriyogo Sumartono, Ketua Yayasan Ksatria Airlangga, dalam perjalanan ke Kepulauan Sumenep, pihaknya membawa 7 dokter spesialis, 4 perawat dan 5 kru kapal. Tim medis ini akan memberi pelayanan kesehatan berbagai penyakit degeneratif seperti hipertensi, diabetes dan jantung. Selain itu, pihaknya siap melakukan operasi di kapal, karena tersedia ruang operasi. 

"Setelah ini, Kita akan membantu Kabupaten Sumenep untuk bisa mengatasi pelayanan kesehatan yang tidak teratasi. Bahkan operasi pun kita siap, karena kapal ini dilengkapi ruang operasi. Kapal akan singgah di kangean dan sapudi. Tetapi sebenarnya masalembo juga membutuhkan pelayanan kesehatan," kata dr Christriyogo Sumartono. 

Dalam pelayaran akan membawa dokter penyakit dalam, dokter anak, dokter jantung. Jika dilihat jumlah penduduk di Pulau Sapudi 24 ribu jiwa, maka diperkiraan 30-40 penduduk butuh pelayanan kesehatan. "Kita tidak ingin hanya melakukan tindakan terus lari. Tapi kita juga akan membangun sistem pelayanan kesehatan terpadu," kata dr Christriyogo Sumartono. 

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran Unair, dr Soetojo mengatakan, rumah sakit terapung ini akan dimanfaatkan para dokter spesialis yang telah menuntaskan masa studinya. "Melalui program wajib kerja, dokter spesialis diharuskan mengikuti pengabdian kerja masyarakat di pulau terpencil bersama rumah sakit terapung Ksatria Airlangga," kata dr Soetojo. 

Soetojo menambahkan, usai dari tiga kepulauan di Sumenep, rumah sakit terapung Ksatria Airlangga ini, akan terus menjelajah gugusan pulau terpencil lainnya di Kawasan Indonesia Timur. (pul)

Berita Terkait


RS Terapung Ksatria Airlangga Layani Tiga Kepulauan Sumenep

Bawa 7 Dokter, RS Terapung Ksatria Airlangga Menuju Kepulauan Sumenep

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber