Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Rusak, Tiga Hektar Tanaman Padi Tercemari Limbah Migas
Sabtu, 11-11-2017 | 12:55
Oleh : Avrizal Ilmi
Bojonegoro pojokpitu.com, Seluas 3 hektar tanaman padi milik warga Desa Campurejo, Kecamatan Kota Bojonegoro, yang berada di sekitar proyek Migas, dua tahun terakhir turun drastis hasil panennya.

Bahkan setiap kali ditanami padi, tanaman tersebut mati. Hal ini diduga akibat telah tercemari limbah proyek Migas Join Operating Body Pertamina Petrochina East Java atau JOB PPEJ, di Dusun Plosolanang Desa Campurejo Bojonegoro.
 
Menurut Mustofa salah satu petani, hasil panen turun dari dua ton hanya menjadi 1 ton dalam 2 tahun terakhir. "Kejadian ini sejak dua tahun lalu, usai sawah terkena limbah di Lapangan Sukowati yang dikelola JOB PPEJ," kata Mustofa.
 
Meski selama ini pihak JOB PPEJ  memberi ganti rugi senilai Rp 1 juta pertahun, tidak membuatnya senang petani. Lantaran tanah produktif miliknya semakin tidak bisa ditanami. "Jika ditanami saat musim hujan, tanah itu muncul sumberan limbah dan membuat tanaman padi mengering," kata Mustofa.

Sementara itu, pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bojonegoro, telah membawa tim untuk mengecek langsung di lokasi. Selain itu, tim juga mengambil sampel air telah membawa ke laboratorium ke pihak ketiga. Menurut Nurul Azizah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bojonegoro, dibutuhkan waktu 14 hari untuk menguji limbah di laboratorium.
  
Sementara itu, Field Admin Superintenden JOB PPEJ Akbar Pradima tidak bisa dihubungi awak media melalui pesawat telepon. (pul)

Berita Terkait


Rusak, Tiga Hektar Tanaman Padi Tercemari Limbah Migas

Jk Minta Produksi Migas di Bojonegoro Ditingkatkan


Pengeboran Sumur Gas Baru, Lapindo dan SKK Migas Saling Lempar

Jk Minta Produksi Migas di Bojonegoro Ditingkatkan

Impor Barang Non Migas dari Tiongkok Naik Tajam

Pemerintah Genjot Sektor Migas Sebagai Penghasilan Keuangan Negara
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('1157465','2017-11-22','10:37:40','55154','Rusak, Tiga Hektar Tanaman Padi Tercemari Limbah Migas','54.162.250.227','1','desktop')