Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Ritual ini salah satu cara untuk menyatuhkan persaudaraan para keturunan raja dengan masyarakat di Bumi Mojopahit. Foto Amin
Ritual Getih-Getah, Cara Menyatuhkan Para Keturunan Raja di Bumi Nusantara
Sabtu, 11-11-2017 | 11:24
Oleh : Aminuddin Ilham
Mojokerto pojokpitu.com, Sejumlah keturunan raja-raja di nusantara, bersama puluhan seniman dan budayawan menggelar kirap Mojopahit dan ritual getah getih dari Pendopo Agung menuju Candi Brahu, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Asap dupa mengiringi prosesi kirap Mojopahit dan ritual Getah Getih yang diawali dari Pendopo Agung Trowulan yang sebelumnya menjadi tempat Patih Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa menuju Candi Brahu, di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.
 
Dalam prosesi Ritual Getah Getih ini, sejumlah keturunan raja dari Pulau Jawa, Madura, Mataram serta Sumatera bersama puluhan seniman serta budayawan. Juga mengarak beberapa pusaka peninggalan kerajaan Mojopahit serta berbagai aneka sesaji untuk ritual Getah Getih di Candi Brahu,yang merupakan perabuan raja raja.
 
Setelah diarak dari pendopo agung, beberapa pusaka Kerajaan Mojopahit dan sesaji diusung ke atas Candi Brahu untuk dilakukan ritual para keturunan raja dan sesepuh trowulan. Menurut Tondi Hasibuan,Raja Huristak XII Padang Lawas Sumatera, rutual dan doa bersama ini, merupakan salah satu cara para keturunan raja untuk menjalin persaudaraan dan menyatuhkan keturunan dari Kerajaan Mojopahit.
 
Selain untuk menjalin hubungan persaudaraan dan menyatuhkan para keturunan raja raja di Bumi Nusantara. Ritual dan kirap Mojopahit dilakukan setiap tahun, merupakan bagian dari Peringatan Hari Jadi Mojopahit ke 724 yang merupakan cikal bakal berdiri Nusantara atau Negara Kesatuan Republik Indonesia. (pul)

Berita Terkait


Ritual Getih-Getah, Cara Menyatuhkan Para Keturunan Raja di Bumi Nusantara

Drama Kolosal Pertempuran Majapahit Meriahkan HUT TNI AL

Seribu Pelajar SMA Melukis Bareng Sketsa Kebesaran Kerajaan Majapahit

Bangun 300 Rumah Majapahit, Trowulan Jadi Destinasi Wisata Budaya


Dukung Situs Ngurawan, Pemkab Bangun Gapura Majapahit

Candi Tegowangi, Sarat Sejarah Peninggalan Kerajaan Majapahit

Balai Arkeologi Jogjakarta Gali Situs Ngurawan Majapahit

Masjid Darul Muttaqin Trowulan Memiliki Ornamen Berukiran Khas Majapahit
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('1106066','2017-11-20','16:15:08','55150','Ritual Getih-Getah, Cara Menyatuhkan Para Keturunan Raja di Bumi Nusantara','23.20.129.162','1','desktop')