Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Tempo Doeloe 

Menelusuri Jejak Panglima Besar Jendral Sudirman di Pacitan
Sabtu, 11-11-2017 | 04:12
Oleh : Sujarismanto
Pacitan pojokpitu.com, Rumah sederhana di Kampung Sobo, Desa Pakis Baru, Nawangan, Pacitan ini merupakan saksi sejarah perjuangan Panglima Besar Jendral Sudirman melawan agresi militer Belanda II. Sejak pasukan Belanda menguasai Yogyakarta bulan Desember 1949, jendral kelahiran Probolinggo Januari tahun 1916, ini keluar masuk hutan, gunung dan menjelajah kampung, sebelum menetap di rumah Karsosoemito, warga Desa Pakis Baru, Pacitan.

Tiba dengan kondisi sakit paru-paru pada 1 April 1949, Jendral Sudirman menyusun strategi, memberikan perintah harian, petunjuk dan amanat pada tentara dan masyarakat untuk mempertahankan kemerdekaan indonesia di markas gerilya Kampung Sobo. Setelah terjadi kesepakatan untuk mengakhiri permusuhan Belanda dan pemerintah Indonesia pada 7 Juli 1949, Sudirman bersama pengikutnya pulang ke Yogyarkarta.

Beberapa bukti peninggalan sejarah Panglima Sudirman masih terjaga dan terawat. Di antaranya kamar tidur Sudirman, ajudan dan pengawal. Kemudian meja kursi tamu, perlengkapan dapur, koleksi foto di markas gerilya Sobo, serta beberapa informasi mengenai gerilya Jendral Sudirman. 

Penjaga markas gerilya Kampung Sobo yang juga putra dari Karsosoemito, Padi, mengatakan, di luar rutinitas sebagai Panglima TNI, Jendral Sudirman selalu menyempatkan diri berjemur pagi di halaman rumah serta menyantap sarapan bubur. Menurutnya, Soedirman merupakan sosok jendral sederhana, bisa hidup berdampingan dengan masyarakat petani pedesaan.
 
Menandai kiprah perjuangan memimpin perlawanan agresi militer Belanda II didirikan patung megah Panglima Sudirman yang berjarak 2 kilometer dari markas gerilya. Pendirian patung setinggi 6 meter ini sebagai bentuk kebanggaan, sekaligus penghargaan atas jasanya memperjuangkan kemerdekaan.  Monumen ini pun kini jadi destinasi sejarah di kota berjuluk 1001 goa.(end)

Berita Terkait


Peringati Hari Pahlawan, 500 Siswa dan Guru Kompak Menari Kolosal

Aktivis dan Keluarga Tuntut Hak Pahlawan Bagi Tan Malaka

Menelusuri Jejak Panglima Besar Jendral Sudirman di Pacitan

Demi Hari Pahlawan, Mbah Pri Bersepatu Roda dari Yogyakarta ke Surabaya


Peringati Hari Pahlawan Dengan Upacara Barisan Melingkar

Peringati Hari Pahlawan Dengan Memperkokoh Persatuan Membangun Negeri

Upacara Hari Pahlawan di Gresik Peserta Banyak Yang Pinsan

Peringati Hari Pahlawan, Mahasiswa UPN Tabur Bunga
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('1086242','2017-11-19','19:20:49','55139','Menelusuri Jejak Panglima Besar Jendral Sudirman di Pacitan','54.80.169.119','1','desktop')