Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Sosok 

Eko Sucipto Pendiri Perpustakaan Anak Bangsa
Ajak Masyarakat Gemar Membaca, Itulah Pahlawan Masa Kini
Jum'at, 10-11-2017 | 21:13
Oleh : Khaerul Anwar
Malang pojokpitu.com, Pahlawan masa kini tidaklah harus berjuang seperti tempo dulu yang mengangkat senjata melawan penjajah. Namun bisa juga dilakukan seperti warga Jabung, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, yang mengajak masyarakat gemar membaca

Adalah Eko Sucipto, yang mampu menorehkan prestasi kepada anak negeri melalui program gemar membaca. Ia ingin menularkan hobinya itu kepada warga lain, melalui mendirikan perpustakaan di kampungnya.

Berawal hanya memiliki 30 buku majalah yang dipajang menggunakan tali untuk menarik minat warga untuk membuka membaca. Kini tekat itu membuyahkan hasil. Bertempat di pelataran rumah orangtuanya, kini banyak warga yang meminjam buku, atau membaca diteras rumah.

Keinginan yang tinggi hingga akhirnya mengontrak rumah yang khusus dipakai untuk mendirikan perpustakaan. Uang sumbangan yang dihimpun telah membuahkan hasil. Sejak tahun 1998 dirinya berhasil mendirikan perpustakaan yang diberi nama Perpustakaan Anak Bangsa. 

Guna menambah referensi buku bacaan di perpustakaan, eko selalu mendatangi pameran buku. Dengan harapan bisa meminta bantuan buku untuk perpustakaan yang didirikannya itu. Atau secara door to door, dirinya meminta warga untuk menyumbangkan buku.
 
Berjalannya waktu, kini referensi buku yang dimiliki Perpustakaan Anak Bangsa di wilayah Jabung sudah mencapai ribuan, dengan berbagai macam buku, yang dibuka untuk umum dan segala usia.

Eko juga beberapa kali mendapatkan penghargaan dari pemerintah atas usahanya memintarkan anak bangsa melalui gemar membaca. Salah satunya dipanggil Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Berita Terkait


Peringati Hari Pahlawan, 500 Siswa dan Guru Kompak Menari Kolosal

Aktivis dan Keluarga Tuntut Hak Pahlawan Bagi Tan Malaka

Menelusuri Jejak Panglima Besar Jendral Sudirman di Pacitan

Demi Hari Pahlawan, Mbah Pri Bersepatu Roda dari Yogyakarta ke Surabaya


Peringati Hari Pahlawan Dengan Upacara Barisan Melingkar

Peringati Hari Pahlawan Dengan Memperkokoh Persatuan Membangun Negeri

Upacara Hari Pahlawan di Gresik Peserta Banyak Yang Pinsan

Peringati Hari Pahlawan, Mahasiswa UPN Tabur Bunga
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber