Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Hakim menggelar sidang di tempat untuk menentukan besaran denda bagi pelanggar. Foto Anwar
Operasi Zebra di Malang, Anak Pengacara Protes Ditilang
Kamis, 09-11-2017 | 14:24 wib
Oleh : Khaerul Anwar
Malang pojokpitu.com, Operasi Zebra Semeru 2017 di Kabupaten Malang diwarnai dengan aksi protes pengendara ketika hendak ditilang polisi. Alasannya, bukan kewenangan polisi untuk menindak karena telat membayar pajak kendaraan.

Operasi Zebra Semeru 2017 dilaksanakan secara gabungan di Kabupaten Malang, Kamis pagi. Operasi melibatkan petugas Satlantas Polres Malang, polisi militer, Dishub serta pihak Kejaksaan Negeri Kepanjen dan Pengadilan Negeri di jalur lingkar barat, Jalibar Kepanjen pada Kamis pagi.

Dalam operasi hampir 2 jam, petugas menilang sedikitnya 121 pengendara yang rata-rata tidak dilengkapi surat kendaraan. Mereka langsung sidang di tempat oleh petugas kejaksaan dan Pengadilan Negeri Kepanjen.

Namun, seorang pengendara asal Tumpang bernama Muhammad Deni masih ngotot kepada hakim Pengadilan Negeri dan jaksa saat akan sidang di tempat. Deni bersikukuh tidak mau ditilang hanya gara-gara telat membayar pajak kendaraan. Deni berkeyakinan bukan kewenangan petugas untuk menilang mereka yang telat membayar pajak. Anak pengacara ini terus mengucapkan pasal-pasal yang diketahuinya.

Namun, petugas tidak gentar atas argumen Deni. Petugas tetap melakukan tilang kepada Deni. Dia harus membayar denda Rp 120 ribu.
Hakim beralasan diundang Satlantas Polres Malang. Mereka hanya menjalankan tugas untuk menyidangkan segala bentuk pelanggaran.

Ipda Ahmad Taufik, Kaur Mintu Satlantas Polres Malang mengatakan, Operasi Zebra Semeru sudah menilang sebanyak 121 kendaraan. Para pelanggar harus mengikuti sidang di tempat dengan hakim dari PN Kepanjen dan penuntut dari Kejaksaan Negeri Kepanjen. (pul)

Berita Terkait


Ribuan Pelanggar Operasi Zebra Roda Dua Padati Kantor Kejaksaan Sidoarjo

Pelanggaran Hasil Ops Zebra 2018 Menurun 60 Persen

Operasi Zebra Di Tulungagung, 70 Persen Pelanggar Lalu Lintas Adalah Pelajar

Satlantas Tindak 2.000 Lebih Pelanggar Lalu Lintas


Operasi Zebra Pelajar Dominasi Angka Pelanggaran

Polisi Amankan Ribuan Liter Arak Saat Operasi Zebra Semeru

Hari Ketiga Operasi Zebra Semeru, Ratusan Pengendara Terjaring Razia

Polres Bojonegoro Gelar Apel Pasukan Operasi Zebra 2018
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber