Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Gadaikan Kendaraan Sewaan , Penyewa asal Malang Dijebloskan ke Penjara
Selasa, 07-11-2017 | 16:05
Oleh : Khaerul Anwar
Malang pojokpitu.com, Syamsuddin Anwar (39) warga Desa Kromengan, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang, diamankan Satreskrim Polsek Kromengan atas kasus penggelapan yang dilakukan terhadap korbannya, warga Kromengan.

Pelaku telah melakukan penggelapan kendaraan rental yang disewa dengan perjanjian selama 10 hari. Hingga batas waktu yang ditentukan, pelaku memperpanjang sewa hingga 30 hari dengan membayar sekitar Rp 3 juta.

Korban yang tidak menaruh curiga, menyewakan kembali kendaraannya. Namun hingga satu bulan lebih, pelaku tidak kunjung mengembalikan kendaraan dan pelaku pun menghilang.

Ternyata, kendaraan rental tersebut, telah dibawa pelaku ke wilayah Jawa Barat dan digadaikan. Kini orang yang menerima gadai kendaraan tersebut tengah diburu petugas sebesar Rp 20 juta dan dibayar secara bertahap kepada pelaku.

Setelah 5 bulan, kendaraan tak kunjung kembali, korban melaporkan ke Polsek Kromengan. Petugas yang melakukan penyelidikan akhirnya berhasil meringkus pelaku di tempat persembunyiannya.

AKP Octa Panjaitan, Kapolsek Kromengan menjelaskan, "Kendaraan rental yang disewa pelaku selama 10 hari dilanjutkan hingga satu bulan dan tidak pernah dikembalikan. Hingga selama 5 bulan, penyewa menghilang. Sementyara kendaraaan ternyata digadaikan di Jawa Barat seharga Rp 20 juta." 

Hingga kini, keberadaan kendaraan yang sudah terdeteksi dan pelaku DPO yang menerima gadai gelap masih terus dilakukan pengejaran oleh petugas Satreskrim Polsek Kromengan.

Atas perbuatannya, pelaku diganjar dengan pasal 372 KUHP tentang penggelapan, dengan ancaman hukumannya hingga 4 tahun kurungan penjara.(end)

Berita Terkait


Pembelaan Terdakwa Penipuan dan Penggelapan, Soejono Chandra : Dakwaan Jaksa Kabur

Sekretaris Kedungsari Multipack Gelapkan Uang Perusahaan Rp 8 M

Gadaikan Kendaraan Sewaan , Penyewa asal Malang Dijebloskan ke Penjara

Diduga Gelapkan Uang Jamaah Umroh, Ulama di Bangkalan Ditangkap Polisi


Akhirnya TSK Penggelapan Ditangkap Massa

Sejak Kasus Penggelapan Mobil Meningkat, Polisi Imbau Tambah Sistem Pengamanan

Kasus Penggelapan, Satu Tahun Tiga Bulan Vonis Untuk Notaris dan Rekannya

Kasus Penggelapan Mobil, PNS Madiun Divonis 4 Tahun Penjara
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber