Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Pihak Kementrian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Wilayah Jawa Timur, telah menjatuhkan sanksi bagi tersangka yang berstatus sebagai Kasubsi. Pelaku terancam dipecat sebagai Pegawai Negeri Sipil lantaran menyalahgunakan wewenangnya. Foto Edwin Jaka
Oknum Terlibat Pungli Imigrasi Tanjung Perak Terancam Pecat
Senin, 06-11-2017 | 19:01
Oleh : Edwin Jaka
Surabaya pojokpitu.com, Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Surabaya akhirnya merilis dua tersangka dalam dugaan operasi tangkap tangan pungli di kantor Imigrasi Kelas Satu Khusus Tanjung Perak Surabaya.

Dalam penangkapan Tim Saber Pungli pada Kamis malam, dua tersangka yakni masing-masing JPG selaku Oknum Kasubsi Kantor Imigrasi Kelas Satu Khusus Tanjung Perak Surabaya dan AWS selaku calo dari biro jasa. Keduanya ditangkap saat penyerahan berkas dokumen paspor, diluar jam kerja.

Menurut AKBP Leonard Sinambela  Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, dari tangan tersangka, polisi menemukan uang tunai Rp 500 ribu di masing--masing map dokumen paspor dengan tujuan sebagai uang pelicin agar paspor tersebut bisa cepat jadi. Selain itu, di tas JPG juga ditemukan uang tunai Rp 14,3 juta yang diduga sebagai hasil transaksi dalam penyalahgunaan pembuatan paspor.

Secara terpisah, Kepala Kantor Kementrian Hukum Dan Hak Asasi Manusia, Wilayah Jawa Timur Susy Susilowati mengatakan, pihaknya sudah menonaktifkan jabatan oknum JPG. Jika dilakukan penahanan maka tidak menutup kemungkinan akan dilakukan pemecatan dari posisi sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Menurut Susy, pihaknya sudah membuat sistem yang ketat dalam pengurusan paspor. Namun, beberapa kondisi juga lebih banyak disebabkan pada masyarakat yang enggan menunggu lama, sehingga mengintervensi pejabat imigrasi untuk bisa memproses dengan imbalan tertentu.

Selain itu, terbatasnya kuota sehingga membuat biro jasa mendesak agar pihak imigrasi bisa melayani dengan cepat. Serta mentalitas pegawai yang mudah diming-imingi sehingga rawan terjadinya penyalaghubaan wewenang. 

Seperti diketahui, Operasi tangkap tangan dilakukan oleh Tim Saber Pungli Polrestabes Surabaya, di Kantor Imigrasi Kelas Satu Khusus Tanjung Perak Surabaya Kamis malam. Dua orang ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan pungli dalam proses pengurusan dokumen paspor, dari Rp 355 ribu menjadi Rp 1 juta. (pul)

Berita Terkait


Oknum Terlibat Pungli Imigrasi Tanjung Perak Terancam Pecat

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('1222048','2017-11-24','14:36:49','54901','Oknum Terlibat Pungli Imigrasi Tanjung Perak Terancam Pecat','54.80.60.91','1','desktop')