Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Petugas Kebersihan Ciptakan Alat Pembuat BBM dari Sampah Plastik
Jum'at, 03-11-2017 | 06:11
Oleh : Moch Asrofi
Berita Video : Petugas Kebersihan Ciptakan Alat Pembuat BBM dari Sampah Plastik
Blitar pojokpitu.com, Tumpukan sampah, yang berada di Bank Sampah Kelurahan Wlingi Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar, mulai menggunung, sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap bagi waga di sekitarnya. Para petugas kebersihan yang prihatin, kemudian berusaha menciptakan sebuah alat atau mesin untuk daur ulang sampah.

Hasilnya, salah satu petugas kebersihan, Muryani (59) mampu menciptakan alat daur ulang sampah, yang bisa menjadi bahan bakar. Tidak hanya BBM jenis premium, alat yang diciptakan Muryani juga bisa membuat BBM jenis solar dan minyak tanah.

Dalam sehari, alat ciptaan Muryani ini, mampu membuat atau menyuling sampah menjadi BBM dua kali dan membutuhkan waktu sekitar empat jam. Untuk BBM ciptaan Muryani jenis Premium, dijual Rp 7 ribu per liter, untuk Solar dijual Rp 6500, dan untuk BBM jenis minyak tanah dijual Rp 9.500.   

Muryani mengatakan, "Alat destilator ciptaannya mampu menghasilkan BBM hampir 100 persen. Untuk bahan sampah plastik 10 kilogram, menghasilkan BBM jenis Premium Solar 6 liter, Premium 2,5 liter, dan BBM minyak tanah sebanyak 1,5 liter."


Hasil BBM ciptaan Muryani ini dijual kepada warga sekitar yang membutuhkan, dengan harga yang lebih murah. Salah satu warga yang sering membeli Bbm premium di bank sampah tersebut, yakni Nur Ali. Ia sengaja membeli premium milik Muryani, karena harganya lebih murah, yakni hanya Rp 7 ribu per liternya.

"Tarikan motornya juga tidak berbeda dengan premium di SPBU," kata Nur Ali, pembeli BBM.

Ide untuk membuat destilator ini, karena saat kecil ia diajari ayahnya, jika setiap plastik mengandung gas. Setelah itu, ia berusaha bereksperimen hingga berkali-kali untuk membuat alat daur ulang sampah plastik. Hasilnya, pada tahun 2009 ia mampu membuat alat yang diberi nama destilator.

Saat ini, Muryani masih mengurus  perijinan, untuk membuat hak paten atas alat ciptaannya tersebut. (end)

Berita Terkait


Petugas Kebersihan Ciptakan Alat Pembuat BBM dari Sampah Plastik

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber