Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Mantan Kadis Peternakan Jatim Divonis 1 Tahun Penjara
Jum'at, 27-10-2017 | 14:49 wib
Oleh : Usrox Indra
Sidoarjo pojokpitu.com, Mantan Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Rohayati, divonis satu tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Surabaya. Sidang hari ini majelis hakim juga menjatuhkan denda Rp 50 juta, subsider tiga bulan penjara.

Sidang putusan digelar di Ruang Candra Pengadilan Tipikor Surabaya. Majelis hakim yang diketuai Hakim Rochmad, menjatuhkan 1 tahun penjara kepada Rohayati. Vonis ini lebih rendah 6 bulan, dari tuntutan jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi. Sebab dalam sidang sebelumnya, jaksa KPK menuntut terdakwa 1 tahun 6 bulan.

Hal yang meringankan terdakwa, karena belum pernah dihukum, menyesali perbuatannya, mempunyai tanggungan keluarga dan bersedia menjadi justice collaborator. Sementara hal yang memberatkan, terdakwa Rohayati terbukti melakukan tindak penyuapan.

Atas putusan majelis hakim ini, Arini Zam kuasa hukum terdakwa menyatakan menerima putusan tersebut. Sementara jaksa KPK mengaku masih pikir-pikir.

Rohayati tertangkap tangan KPK saat menjabat Kepala Dinas Peternakan Jatim, dengan memberi uang suap pada pimpinan Komisi B DPRD Jawa Timur pada 6 Juni 2017 lalu. Selain Rohayati, dalam OTT KPK itu juga ada Kepala Dinas Pertanian Bambang Heryanto, Ketua Komisi B DPRD Jatim M Basuki. (pul)

Berita Terkait


Usai Jalani Pemeriksaan Sebagai Tersangka, Mantan Kadis Jatim Langsung Ditahan KPK

Mantan Kadis Peternakan Jatim Divonis 1 Tahun Penjara

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua