Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Berkah Bulan Oktober, Para Nelayan Panen Kerang Hijau
Minggu, 22-10-2017 | 14:15
Oleh : Mohammad Amin
Gresik pojokpitu.com, Di musim panen kerang hijau, para ibu di Gresik Utara tengah sibuk mengumpulkan daging kerang yang didapatkan para nelayan. Dalam sehari, bisa terkumpul 1 ton daging kerang hijau.

Untuk mendapatkan kerang hijau, tidak mudah. Caranya, pada bulan Maret, para nelayan menancakan ratusan bambu di tengah laut. Ini supaya batang bambu tersebut dijadikan rumah oleh kerang kerang hijau. Setelah lima bulan kemudian, baru nelayan bisa memanen kerang hijau.

"Di bulan Okober ini, nelayan Panceng dan Ujungpangkah, menuai berkah, karena merupakan puncak panen kerang hijau  dengan ukuran kerangnya yang besar. Pusat nelayan yang melakukan panen kerang hijau, ada di Desa Campurejo, Panceng, dan Desa Cabean, Ujungpangkah," papar Luluk, pengepul kerang hijau.

Untuk kerang hijau mentahan, harga per kilogramn Rp 3 ribu rupiah. Sementara untuk kerang yang sudah masak, harganya mencapai Rp 15 ribu.

Daging kerang hijau yang banyak mengandung vitamin dan protein ini dipasarkan ke berbagai kota, mulai Surabaya, Blitar, Sidoarjo, Tuban, dan Semarang. Sayangnya, cangkang kerang hijau, yang mengandung kalsium tinggi, hingga kini belum dimanfaatkan oleh warga setempat.(end)



Berita Terkait


Berkah Bulan Oktober, Para Nelayan Panen Kerang Hijau

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber