Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Setahun 900 Pasien Stroke, Tim Dokter RSAL dr Ramelan Screening Warga Joyoboyo
Sabtu, 21-10-2017 | 23:22 wib
Oleh : fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com, Jumlah penderita stroke di Indonesia terus bertambah, setiap tahunnya. Hingga kini tiap hari 5 orang masuk rumah sakit karena stroke atau 900 orang setiap tahunnya. Salah satu penyebab bertambahnya penderita stroke ini lantaran pola hidup yang tidak sehat, serta kolesterol dan gula darah yang tidak normal.

Untuk mencegah terus bertambahnya penderita stroke ini, Sabtu pagi tim RSAL dr Ramelan Surabaya melakukan screening atau penyaringan ke warga Surabaya. Salah satunya warga kampung Joyoboyo, Kecamatan Wonokromo.

Dipilihnya warga Joyoboyo lantaran sebagian besar penderita stroke ini dari kalangan tidak mampu. Hal ini dikerenakan mereka ini pola hidup yang kurang sehat.  Seperti merokok, tidak pernah berolahraga, dan tidak pernah melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Di kampung padat penduduk ini, puluhan dokter melakukan screening dengan melakukan tensi dan tes gula darah. Tak hanya itu, tim dokter juga bertanya riwatat kesehatan dan pola hidupnya selama ini. Bila ditemukan adanya warga yang terindikasi mengalami stroke, maka tim dokter akan menyarankan segera periksa ke rumah sakit.

Kepala Sub Departemen Saraf RSAL dr Ramelan, dr Diah Utari mengatakan, screening sangat penting untuk mengetahui gejala awal penderita stroke. Pendeteksian dini penting karena penyakit stroke ini harus cepat penangganannya agar pasien tidak lumpuh.  "Saat ini stroke merupakan pembunuh nomer satu di Indonesia. Setiap harinya 5 hingga 10 orang penderita baru stroke masuk rumah sakit atau 900 orang tiap tahunnya," kata dr Diah Utari.

Stroke dapat dicegah melalui penerapan pola hidup sehat. Resiko mengalami stroke akan berkurang, jika anda makan makanan sehat, berolahraga, dan tidak merokok. Selain itu, berusaha menurunkan tingkat kolesterol dan tekanan darah tinggi serta menjaga kadar gula darah, juga bisa mengurangi resiko terkena stroke. (pul)


Berita Terkait


Awas! Usia 30 Tahun Bisa Menderita Stroke

Waspada, Sering Begadang Bisa Sebabkan Stroke!

Pasien Stroke Diminta Bangkit Kembali Paska Stroke

Seorang TKW Sakit Stroke Dipulangkan dari Malaysia


Ratusan Penderita Stroke di Tuban Diterapi Gratis

Ibu Penderita Stroke, Masih Berjuang Berjualan Tampah Keliling

Benny Panjaitan Akhirnya Wafat Kena Stroke

Setahun 900 Pasien Stroke, Tim Dokter RSAL dr Ramelan Screening Warga Joyoboyo
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber