Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Batik Dewi Rengganis menonjolkan motif bunga dan daun, serta warna lebih berani alias terang. Batik Dewi Rengganis ini akan menjadi ikon baru dan oleh-oleh wisatawan saat berkunjung di Kabupaten Probolinggo. Foto Farid
Batik Dewi Rengganis, Legenda Putri di Lereng Gunung Argopuro
Kamis, 19-10-2017 | 23:01
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Selain dijuluki penghasil mangga dan anggur, Kabupaten Probolinggo mempunyai ciri khas batik dari zaman leluhurnya. Batik ini bernama Dewi Rengganis, diambil dari legenda kisah seorang putri cantik di Lereng Gunung Argopuro.

Kain batik yang dikenakan puluhan model ini hasil karya Rusiami warga Probolinggo. Meski buatan pelaku usaha kecil, kain batik ini tak kalah dengan batik yang sudah tenar, baik dari segi kain maupun motifnya.

Uniknya motif batik ini merupakan khas dari masyarakat lereng Gunung Argopuro. Dimana legenda wanita cantik Dewi Rengganis tinggal, dengan ciri-ciri motif bunga, daun dan warna terang.

Menurut Rusiami, ciri batik buatannya, adalah di warna dan motifnya. Konon, Dewi Rengganis ini cantik dan sangat menyukai aneka bunga. Maka di Lereng Gunung Arpuro di Kecamatan Krucil sangat kaya aneka bunga, khususnya bunga gunung.
 
"Di Probolinggo ada batik khasnya, salah satu batik Dewi Rengganis yang terkenal dengan kecantikannya. Batik ini laris sekali dan omzet sebulan mencapai Rp 90 juta," kata Rusiami.

Sementara itu menurut Kepala Dinas Kominfo Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Tutug Edi Utomo, pihaknya akan mendukung batik Dewi Rengganis untuk go internasional bersaing dengan batik-batik dari daerah lain.

"Diharapkan ke depan batik Dewi Rengganis, akan terus maju dan diminati masyarakat Indonesia hingga ke penjuru dunia," kata Tutug Edi.
 
Rencananya batik ini akan ditampilkan lagi di Fashion Show On The Beach, di Pantai Duta, Kabupaten Probolinggo. (pul)

Berita Terkait


Batik Dewi Rengganis, Legenda Putri di Lereng Gunung Argopuro

Geliat Batik Pecelan Khas Kota Madiun

Peringati Hari Batik, Puluhan Mahasiswa Membatik

Hari Batik Nasional, Omset Produk Batik Pacitan Terus Meningkat


Pembangunan Sentra Batik Ponorogo Masih Belum Jadi

Geliat Batik Pecelan Khas Kota Madiun

Peringatan Hari Batik Nasional, Batik Jadi Pemersatu Bangsa

Pelajar Belajar Membatik Demi Melestarikan Budaya
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber