Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Tahun 2017, 302 Warga Surabaya Derita Demam Berdarah
Jum'at, 13-10-2017 | 21:59 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com, Dari data Dinas Kesehatan Kota Surabaya, sejak Januari hingga September, jumlah penderita demam berdarah dengue (DBD) mencapai 302 kasus. Angka ini sebenarnya turun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2013 tercatat jumlah DBD mencapai 2.207 kasus. Tahun 2014 turun menjadi 816 kasus. Di tahun 2015 turun menjadi 640 kasus. Namun kembali naik di tahun 2016 dengan 938 kasus.

Salah satu faktor turunnya penderita DBD ini adalah program pemberantasan sarang nyamuk yang digiatkan Pemkot Surabaya. Meski turun, namun Dinkes terus mengingatkan masyarakat akan bahayanya penyakit DBD ini.

"Khususnya kawasan padat penduduk, seperti Tambaksari dan Tandes. Pihaknya berharap kesadaran masyarakat memberantas sarang nyamuk untuk mengurangi penggunaan fogging. Ini karena fogging bisa merusak lingkungan dan nyamuk akan semakin kebal," ungkap dr. Mira Novia, M.Ks, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Surabaya

Sementara itu, Persatuan Peneliti Penyakit Tropik dan Infeksi Indonesia meminta masyarakat Jawa Timur agar mewaspadai penyebaran nyamuk Aedes Aegepty ini. Pasalnya, penyakit DBD ini merupakan salah satu pembunuh nomor satu di dunia, dengan Rp 750 ribu orang per tahun. Demikian dikatakan dr. Dr. Leonard Nainggolan, Kepala Persatuan Penyakit Tropik dan Infeksi Indonesia.

Saat ini peredaran penyakit DBD di dunia, tak hanya terjadi pada negara tropis, tapi akibat suhu bumi yang terus naik, juga melanda negara berhawa dingin seperti yang terjadi di Sardinia , Italia.(end)



Berita Terkait


Tahun 2017, 302 Warga Surabaya Derita Demam Berdarah

Lingkungan Perumahan Ini Didesain Anti Demam Berdarah

RSUD Sumenep Tangani Seribu Pasien Positif DB

Pasien Penderita DB di RSUD Abdoer Rahem Situbondo Meningkat


Sebulan, 55 Pasien Demam Berdarah Dirawat di RSUD

Demam Berdarah Akibatkan 18 Orang Meninggal

Dampak Pancaroba, Penderita Demam Berdarah Meningkat

Waspada Demam Berdarah Libatkan Siswa Berburu Jentik
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber