Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Dengan Inapornet, Pengurusan Jasa Dokumen Kepelabuhanan Lebih Efisien dan Tertib
Jum'at, 13-10-2017 | 18:52
Oleh : Mohammad Amin
Gresik pojokpitu.com, Penerapan teknologi pada pengurusan dokumen kepelabuhanan. Di Indonesia, sejak tanggal 10 Oktober yang lalu, sudah diterapkan di 16 pelabuhan yang ada di Indonesia, termasuk di Pelabuhan Gresik.

Dulu pihak agen pelayaran harus datang ke pelabuhan dengan membawa tumpukan dokumen, kapal, ABK kapal, serta dokomen, barang yang hendak diangkut, maupun dokumen barang yang hendak dibongkar. Dengan diterapkannya sistem inaportnet, pengguna jasa pelabuhan cukup duduk manis di kantor mapun di rumahnya, sehingga tanpa keluar biaya tranportasi.

Selain menghemat biaya pengeluaran, dengan sistem serba komputer tersebut, pengguna jasa tidak bisa bermain mata, dengan petugas yang ada di lapangan. Bila dokumen lengkap, maka di aplikasi komputer yang bisa dipantau di Kementrian Kelautan tersebut. Petugas yang ada di Syahbandar harus cepat merespon dan memberikan jawaban dengan cepat. Ini dikatakan Nanang Afandi, Humas Syahbandar Gresik.

Sementara bila, ada satu saja dokumen, yang tidak lengkap, maka proses selanjutnya tidak akan bisa dilanjutkan ke tahap selanjutnya. Dalam aplikasi inaportnet, ada 11 tahapan yang harus diikuiti mulai masuknya dokumen, hingga keluarnya surat kelayakan kapal untuk berangkat atapun bongkar muat.

Sistem yang bisa mengehmat pengeluaran ini berlaku pada angkutan laut, yang memiliki bobot 35 grosston. Sementara untuk kapal jenis kayu yang dikenal dengan kapal layar motor, sistem pengurusan masih menggunakan manual, yakni agen harus antri datang ke Syahbandar.(end)



Berita Terkait



Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber