Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Tak Sampai Satu Jam, Aktivis Kumpulkan 700 Sampah Popok di Pantai
Jum'at, 13-10-2017 | 16:07 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Pantai Utara Tuban, khususnya di sekitar Jalan RE Martadinata, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, menjadi perhatian serius mahasiswa dan aktivis lingkungan. Pasalnya, muara sungai dan sepanjang garis pantai di penuhi berbagai jenis sampah, sehingga membuatnya menjadi kumuh.

Sekitar 30 mahasiswa dan aktivis lingkungan berjibaku membersihkan muara aliran sungai serta pantai di kawasan tersebut. Sasaran utama mereka adalah sampah diapers atau sejenis sampah popok. Berdasarkan sejumlah penelitian yang dilakukan mahasiswa, selain mencemari lingkungan dan sulit terurai, sampah bobok juga merusak ekosistem sungai dan laut.
 
Tak butuh waktu lama, kurang dari satu jam mahasiswa bersama aktivis lingkungan berhasil mengumpulkan sekitar 700 popok di kabupaten peraih Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) pada bulan Agustus lalu ini.

Popok-popok tersebut kemudian diangkat dan dikumpulkan dengan menggunakan kantong kresek hitam berukuran besar. Sebanyak 12 kantong popok yang didapat selanjutnya akan dibawa ke tempat pembuangan akhir sampah.
 
Sampah serupa juga banyak ditemukan di hampir sepanjang pantai utara Tuban. Hal ini disebabkan budaya buruk masyarakat yang masih membuang sampah di sungai dan pantai.

Tak hanya membersihkan sungai dan pantai dari popok, ke depan kegiatan para mahasiswa dan aktivis lingkungan ini juga akan melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat, tentang dampak buruk membuang sampah sembarangan.
 
Dengan adanya kegiatan bersih ini, para pemuda ini berharap masyarakat sadar dan turut menjaga kebersihan sungai dan pantai, yakni dengan tidak membuang sampah sembarangan.(end)
 

 



Berita Terkait


Tak Sampai Satu Jam, Aktivis Kumpulkan 700 Sampah Popok di Pantai

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber