Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Banyak Pelanggaran, Serikat Pekerja Malang Datangi Disnaker
Jum'at, 13-10-2017 | 11:36
Oleh : Hadi Triswanto
Malang pojokpitu.com, Perwakilan Serikat Pekerja di Kabupaten Malang mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Malang di Kepanjen. Dua perwakilan pekerja, SBSI(Serikat Buruh Sejahtera Indonesia) dan (FPBI) Front Perjuangan Buruh Indonesia, menyampaikan beragan problem terkait pelanggaran hak nornatif pekerja.

Rombongan serikat pekerja dipimpin Ketua Front Perjuangab Buruh Infonesia Malang Raya Luthfi Chafiz dan Ketua Serikat Buruh Sejahtera Indonesia Hari Effendi. Rombongan perwakilan buruh  diterima langsung Yoyok Wardoyo Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Malang beserta beberapa kepala bidang di ruang kerjanya.

Ketua FPBI Malang Raya, Luthfi Chafiz, mengeluhkan, masih banyak perusahaan yang melanggar hak normatif, misalnya upah, kesehatan dan kesejahteraan.

Tidak hanya itu, ada juga perusahaan yang tidak membayarkan hak cuti para karyawan, serta  tidak memberikan santunan bagi karyawan yang sedang sakit.

"Konflik antar pekerja dengan perusahaan ini tidak harus berujung pada tuntutan ranah hukum, bisa lewat jalur musyawarah dan dialog," kata Luthfi.

Berdasarkan data dari FPBI, hingga saat ini ada 10 perusahaan yang bersengketa dengan karyawan dan sudah dibawa ke Peradilan Hubungan Industri (PHI). Ragam masalah tersebut sudah berjalan satu hingga dua tahun dan sekarang masih proses.

Diharapkan beragam persoalan terkait pemenuhan hak normatif pekerja, bisa terselesaikan dengan baik agar hubungan  kerja kembali normal. (pul)

Berita Terkait


Banyak Pelanggaran, Serikat Pekerja Malang Datangi Disnaker

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber