Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Pabrik Arak di Tengah Pemukiman Warga Digerebek Polisi
Kamis, 12-10-2017 | 17:03
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Perang terhadap miuman keras, khususnya jenis arak jowo terus dilakukan aparat kepolisian, TNI bersama Satpol PP Kabupaten Tuban. Hampir setiap minggu, petugas menggerebek lokasi pembuatan minuman beralkohol tersebut.

Namun upaya petugas belum membuat para pelaku jera. Bahkan mereka semakin memproduksi arak di tengah pemukiman padat penduduk. Seperti pabrik arak jowo yang dioperasikan Sukarlik (38) di Desa Semanding, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban ini.

Berkat informasi masyarakat, pabrik berkapasitas 60 liter arak per hari ini berhasil digerebek jajaran Polres Tuban. Pelaku tidak bisa berkelit, karena saat penggerebekan berlangsung, dirinya sedang beraktifitas memasak arak.

"Pemilik pabrik arak mendesain bangunan sedimikian rupa agar keberadaannya tidak diketahui petugas. Salah satunya, pembuangan limbah arak yang didesain dibuang di dalam salah satu ruangan rumah, sehingga bau arak tidak sampai menyengat keluar rumah," tutur AKBP Sutrino, selaku Kapolres Tuban.

Selain menangkap pelaku, petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya 6 ribu liter baceman atau arak setengah jadi, 150 liter arak siap edar, dan seperangkat alat produksi. Arak ini dipasarkan di seluruh kota-kota besar di Pulau Jawa.

Barang bukti baceman langsung dimusnahkan petugas di lokasi. Sementara arak siap edar dan peralatan produksi diamankan ke Mapolres Tuban. Sementara pemilik lokasi telah ditetapkan sebagai tersangka, dan dijerat undang-undang pangan, dengan ancaman hukuman dua tahun penjara.(end)

Berita Terkait


Pabrik Arak Berkedok Ternak Burung, Digerebek, Ribuan Liter Arak Disita Petugas

Pabrik Arak Ilegal Digerebek, Ratusan Liter Diamankan

Pabrik Arak di Tengah Pemukiman Warga Digerebek Polisi

Digrebek, Pabrik Arak Dekat Kantor Kecamatan dan Koramil Semanding


Pabrik Arak Berkedok Kandang Ayam Milik PNS Tuban

Polisi Grebeg Dua Pabrik Arak, Ribuan Liter Baceman Diamankan

Petugas Grebek Pabrik Arak Yang Digunakan Mabuk Lebaran

Aparat Gabungan Grebek Tiga Pabrik Arak Berskala Besar
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber