Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Pementasan Wayang Wong Yang Hampir Punah
Selasa, 10-10-2017 | 22:14
Oleh : Achmad Syarwani
Nganjuk pojokpitu.com, Pagelaran wayang wong dipertunjukkan di Desa Duren, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. Pementasan wayang yang langka ini, dilakukan bertepatan dengan acara Bersih Desa oleh warga lereng Gunung Wilis ini.

Wayang wong ini dipentaskan oleh Kridho Utomo Dusun Ampel Gading Desa Duren, dengan mengusung cerita perjalanan hidup pandawa lima.

Wayang wong ditandai dengan Tari Lima Pandowo, dengan wajah yang dihias menyerupai wayang kulit sesuai penokohannya, di samping untuk menarik perhatian penonton.

Wayang peninggalan Sultan Hamangkurat I pada tahun 1731 ini, disamping ditonton oleh orang dewasa, juga anak-anak diajak untuk menyaksikan guna mengetahui seni peninggalan nenek moyang.

Menurut Sarjuni, tokoh masyarakat setempat, acara wayang wong bertujuan untuk melestarikan budaya Jawa, karena wayang wong sudah hampir punah, tergerus oleh permainan modern.

Pertunjukan wayang wong yang dilakukan tiap tahun ini, diharapkan bisa terus tumbuh dan medapatkan perhatian dari Pemerintah Kabupaten Nganjuk.(end)

Berita Terkait



Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber