Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Menristek Dikti Minta PTN Akomodir Mahasiswa Tak Mampu
Sabtu, 31-01-2015 | 20:07 wib
Oleh : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek dan Dikti) Muhammad Nasir, memperingatkan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia untuk mengakomodir mahasiswa dari keluarga tidak mampu. Tahun ini mahasiswa tak mampu yang masuk program bidik misi juga ditargetkan 30 persen dari total mahasiswa di masing-masing PTN.

Jika bidik misi kurang dari target tersebut, maka PTN akan dikenai sanksi. Hal itu diungkapkan Nasir, saat menghadiri acara Pengukuhan Guru Besar Universitas Airlangga (Unair), Profesor Hatta Ali, Sabtu (31/1). Ditemui di Kampus C Unair, Nasir menyatakan bahwa mahasiswa bidik misi diterima melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). 

?Tahun ini sudah dialokasikan Uang Kuliah Tunggal (UKT), untuk bidik misi bagi 60 ribu mahasiswa,? jelas Nasir.

Mantan Rektor Universitas Diponegoro (Undip) ini juga memperingatkan PTN agar bijak menerapkan besaran biaya UKT ke mahasiswa. "PTN harus melakukan seleksi. Jangan sampai orang tua mahasiswa tidak mampu diharuskan membayar mahal, " tambahnya 

Seleksi itu dilakukan untuk memastikan kondisi mahasiswa dari keluarga tak mampu. Maka pemberian UKT akan lebih tepat sasaran. Besaran tarif UKT diperkirakan mencapai Rp 500.000 hingga Rp1.000.000. (mud)



Berita Terkait


Menristek Dikti Minta PTN Akomodir Mahasiswa Tak Mampu


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber