Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Prihatin Petani, Mahasiswa Ciptakan ATV Kendaraan Bertenaga Listrik
Selasa, 10-10-2017 | 07:15
Oleh : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Dilatarbelakangi oleh rasa keprihatinannya terhadap petani yang kesulitan penggunaan alat transportasi di medan sulit, Fransiscus Ricky, mahasiswa Tekhnik Elektro Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS) merancang kendaraan untuk medan sulit.

Kendaraan yang berbentuk all terain vehicle (ATV) ini dirancang untuk konsumsi dua tenaga penggerak, yaitu listrik dan solar cell. Oleh Ricky, ATV yang dirancangnya ini diberi nama Bhinneka.
 
Bhineka ini memiliki 20 baterai dalam satu box yang diletakkan di bawah jok pengemudi dan didesain agar mampu mengangkut beban keseluruhan hingga 400 kilogram.
 
"Pengisian baterai saat kosong membutuhkan waktu hingga tiga jam dan bertahan hingga dua jam, dengan jarak tempuh 40 kilometer. ATV listrik ini juga mampu melaju hingga 20 kilometer per jam," tutur Fransiscus Ricky, perancang ATV Listrik.
 
Sebagai kendaraan yang dirancang khusus untuk mengangkut hasil pertanian atau tambak, ATV ini memiliki bak belakang. Bak belakang ini difungsikan untuk mengangkut pupuk, gabah, ikan, dan lain-lain.
 
Motor listrik ini dibuat selama 8 bulan, mulai dari riset, desain, hingga rancangan, dengan biaya sekitar Rp 60 juta . Biaya termahal untuk pembuatan ATV ini adalah penggunaan solar cell sebesar Rp 34 juta dan baterai sebesar Rp 20 juta. Suku cadang, seperti roda, juga dipilih karena lebih murah dan  mudah dicari petani.
 
Hari Sutiksno, selaku dosen pembimbing mengatakan, harapannya, ATV ini akan dikembangkan dan dirancang lebih efisien, terutama untuk perlindungan dan manajemen baterai, agar bisa bertahan lebih lama.(end)

Berita Terkait


Prihatin Petani, Mahasiswa Ciptakan ATV Kendaraan Bertenaga Listrik

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber