Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Sosok 

Iffa Suraiya pemilik perpustakaan
Rumah Perpustakaan Banyak Dikunjungi Berbagai Kalangan
Senin, 09-10-2017 | 15:03
Oleh : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Seorang ibu rumah tangga di Sidoarjo, rela menjadikan rumahnya sebagai perpustaan umum. Hal ini dilakukan, karena kecintaannya terhadap buku.

Sekilas rumah dengan type 36, di Perumahan Puri Larangan, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, sekilas tidak ada bedanya dengan rumah pada umumnya.

Namun, jika masuk kedalam rumah milik Iffa Suraiya warga Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo ini, kita akan melihat ribuan buku, yang tertata rapi disetiap sudut ruangan.

Sejak tujuh tahun lalu, rumah yang dijadikan sebagai perpustakaan umum ini. Setiap harinya selalu ramai dikunjungi anak anak hingga orang dewasa, untuk membaca koleksi buku yang ada dirumah perpustakaan.

Mereka tidak saja membaca ditempat ini hinga berjam-jam, namun, banyak dari pengunjung ditempat ini memilih meminjam buku, dengan sarat mengisi biodata terlebih dahulu, dan tidak dipungut biaya.

Tempat yang nyaman seperti layaknya di rumah sendiri, menjadikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung perpustaan bait kata, untuk menyerap ilmu dari isi buku yang dibacanya.

Tak urung, rumah perpustakaan bait kata inipun, dijadikan ajang tempat hiburan untuk mengisi waktu luang, juga sebagai ajang menimba ilmu bagi para pengunjungnya.

Alifia Ica Ayu, pengunjung mahasiswi mengatakan, keberadaan buku masih diperlukan. Pasalnya, meski banyak informasi yang maupun ilmu di internet, namun, lebih meyakinkan jika ilmu tersebut bersumber dari buku, karena penulisnya jelas dan isinyapun lengkap.

Menurut Iffa Suraiya pemilik perpustakaan, berawal dari kecintaannya terhadap buku. Kemudian menginsipirasinya untuk mendirikan rumah perpustakaan bait kata, dengan merelakan rumahnya dijadikan perpustakaan.

Dengan kerja keras dan tanpa bantuan dari pemerintah, dari hanya 300 koleksi buku, kini koleksi buku mencapai 11 ribu buku. Dari jumlah itu 80 persennya buku cerita anak anak dan umum.

"Buku terbitan era 80 puluhan hingga saat ini. Mulai dari karya budayawan kondang MH Ainun Najib hingga cerita Lupus dan komik masa kini untuk anak anak," kata Iffa Suraiya

Dengan jerih payahnya mendirikan perpustaan umum ini, Iffa mendapatkan piagam Nugrajasa Darma Pustaloka, dari pemerintah melalui perpustakaan nasional,  katagori penggiat literasi masyarakat.  Diharapkan, keberadaan rumah perpustakaan bait kata, dapat menjadi sumbah sih Iffa di dalam mencerdaskan anak bangsa. (pul)

Berita Terkait

28-08-2017 | 14:09
Atap Kelas Jebol, Siswa Belajar Lesehan di Perpustakaan
15-03-2016 | 11:45
Iniloh.. Perpustakaan Mini dan Unik dari Tandon Air Bekas. Mau Coba?
30-11-2015 | 16:20
Tingkatkan Minat Baca Dengan Infaq dan Shodaqoh Buku
12-06-2015 | 20:46
Sekitar 40 Persen SD Belum Punya Perpustakaan

02-05-2016 | 11:21
Atap Ambrol, Puluhan Siswa SDN Kalen Belajar di Mushola dan Perpustakaan
15-03-2016 | 11:45
Iniloh.. Perpustakaan Mini dan Unik dari Tandon Air Bekas. Mau Coba?
12-12-2015 | 15:43
SDN 4 Bakung Rusak, Murid Belajar di Mushola dan Teras Perpustakaan
10-12-2015 | 19:31
Peduli Pendidikan, UNIF Sumbang Perpustakaan SMPK Pencinta Damai

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber